oleh

Diundang ke Pendopo, Bupati Ringankan Beban Warga Terdampak Bencana

Kabarmadura.id/Pamekasan-Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, melakukan sesuatu yang berbeda dalam membantu warga terdampak bencana alam di wilayah setempat. Hal itu terlihat saat bupati muda itu mengundang langsung warga terdampak bencana alam ke Pendopo Ronggosukowati, Selasa (4/2/2020), untuk menerima bantuan secara simbolis.

Pantauan Kabar Madura, selain mengundang perwakilan 179 kepala keluarga yang menjadi korban terdampak bencana alam, Bupati Baddrut Tamam juga mengundang dua warga Kabupaten Pamekasan yang mengalami masalah sosial, untuk hadir menerima tali asih secara langsung di ruang peringgitan dalam rumah dinas Bupati Pamekasan.

Diungkapkan Baddrut Tamam, jumlah bantuan yang diberikan kepada para korban terdampak bencana alam itu, tidak sama. Nilai bantuan masing-masing korban disesuaikan dengan tingkat kerusakan dengan total bantuan sebesar Rp334 juta lebih.

Sementara itu, untuk tali asih yang diberikan kepada warga yang mengalami musibah karena lahir dengan kondisi fisik yang kurang sempurna, pihaknya memberikan bantuan sosial masing-masing Rp7,5.

Menurut Baddrut Tamam, persaudaraan antara pemerintah dan masyarakat harus dilakukan untuk saling membantu dan mendukung. Oleh karenanya, melalui kesempatan itu, dirinya mengungkapkan rasa bahagia karena bisa bersilaturahmi dengan warganya.

“Kami (pemkab, red) akan terus hadir memberikan solusi bagi masyarakat, terutama yang sedang membutuhkan bantuan. Pemerintah berusaha untuk selalu memberikan solusi atas persoalan kehidupan, oleh karenanya kita harus saling membantu dan mendukung,” kata Baddrut Tamam.

Penyerahan bantuan itu dilakukan Baddrut Tamam kepada 9 orang perwakilan penerima bantuan terdampak bencana alam. Selain memberikan bantuan di rumah dinasnya, Baddrut Tamam mengaku, pihaknya telah mendatangi beberapa desa dan kecamatan terdampak bencana alam.

Pihaknya menegaskan, kedepan pemerintah akan hadir di setiap ada musibah di masyarakat, untuk memberikan semangat dan merangkul msyarakat, serta mengajak masyarakat untuk sabar dalam menerima ujian musibah tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini Pemkab Pamekasan bisa memberikan bantuan kepada keluarga terdampak musibah bencana alam,” ungkapnya.

Terlepas dari bantuan yang diberikan, politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu, menyampaikan permohonan maaf bilamana bantuan yang diberikan pada korban terdampak bencana alam kurang maksimal.

“Dari musyawarah ini, rasanya kita ingin lebih banyak membantu, tapi hanya ini yang bisa dilakukan Pemkab Pamekasan. Mudah-mudahan bantuan ini jadi cukup,” harapnya.

Untuk diketahui, 179 kepala keluarga yang terdampak bencana alam dan mendapatkan bantuan dari Pemkab Pamekasan, tersebar di puluhan desa yang tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan. Di antaranya, Kecamatan Pegantenan, Tlanakan, Pademawu, Pakong, Palengaan, Larangan, Batumarmar, Kadur, dan lainnya. (rul/pin)

Komentar

News Feed