Diundang Kemendag RI, P4TM Kembali Suarakan Cita-citanya untuk Sejahterakan Petani Tembakau


Diundang Kemendag RI, P4TM Kembali Suarakan Cita-citanya untuk Sejahterakan Petani Tembakau
(DOK. P4TM) Ketua P4TM, Khairul Umam (jas hitam) saat menghadiri undangan Kemendag RI dalam acara kunjungan ke PT. Djarum dan PR. Sukun, Rabu (28/9/2022).

KM.ID | PAMEKASAN – Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) diundang Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan dalam kunjungan ke PT. Djarum dan PR. Sukun, Rabu (28/9/2022).

Undangan oleh Mendag RI tersebut merupakan tindak lanjut dari audiensi P4TM dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Jakarta Pusat awal September 2022 lalu.

Pada kunjungan tersebut, Mendag Zulkifli didampingi Anggota DPR RI Fraksi PAN Slamet Ariyadi. Sementara dari P4TM yang hadir yakni Ketua Umum, Khairul Umam, Penasihat, Abd. Aziz dan Wakil Ketua Umum, Abdul Bari.

Ketua Umum P4TM Khairul Umam menyampaikan, jutaan petani menggantungkan nasibnya pada pertanian tembakau, dan mereka berharap pemerintah lebih memperhatikan nasib pertanian tembakau.

“Kami berharap pemerintah bisa menyelesaikan persoalan tembakau di Madura, terutama yang berhubungan dengan pabrikan,” ungkapnya, Rabu (28/9/2022).

Sebab, lanjut pria yang akrab disapa H. Her itu, tembakau khususnya bagi masyarakat Madura, adalah napas perekonomian. Sehingga, masalah-masalah pada tata niaga tembakau perlu disikapi dengan cepat.

Mulai dari pengambilan sampel tembakau, harga yang tidak stabil, masuknya tembakau luar ke Madura hingga permainan-permainan pada tata niaga yang diaktori oleh oknum di pabrikan.

“Kami berharap tidak ada lagi petani tembakau Madura yang sengsara, dan kami akan selalu siap memperjuangkan nasib mereka,” tegas pemilik perusahaan rokok Bawang Mas itu.

Selain itu, H. Her juga menegaskan, bahwa pihaknya akan konsisten mengawal persoalan-persoalan tembakau di Madura. Sehingga, persoalan yang merugikan petani cepat terselesaikan dan mereka kembali merasakan kejayaan daun emas.

Sementara Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, kunjungan ke PT. Djarum dan PR. Sukun di Jawa Tengah untuk memastikan kelancaran pasokan bahan baku rokok. Dengan mempertemukan petani, yakni P4TM dengan pihak industri.

“Saya berharap dengan pertemuan ini bisa memotong rantai pasokan pabrik dan melindungi para petani tembakau,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Umum PAN itu juga berharap, harga tembakau bisa bagus. Petani dan industri maju secara bersama-sama. “Saya akan melindungi kesejahteraan petani sekaligus industri tembakaunya,” pungkasnya.

Reporter: M. Arif

Redaktur: Ongky Arista UA