Diundur Sebulan, Data BLT di Kabupaten Sampang Belum Rampung

  • Whatsapp
(KM-JAMALUDDIN) DIUNDUR: Realisasi bantuan BLT masih menunggu validasi data penerima.

Kabarmadura.id/Sampang-Bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) di Kabupaten Sampang, tidak bisa disalurkan dalam waktu dekat. Pasalnya, hingga kini data keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD belum rampung.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Suhanto mengatakan, bantuan BLT DD akan disalurkan pada bulan Mei, namun pihaknya tidak bisa memastikan kapan penyaluran bansos itu akan dilakukan. Hal itu disebabkan lantaran data penerima BLT dari semua desa di wilayahnya belum rampung.

Bacaan Lainnya

Selain itu dia menuturkan, meski dana BLT tidak bisa daisalurkan pada bulan April, namun bantuan itu tidak akan hangus. KPM  dapat menerima BLT DD double pada bulan Mei.

“Untuk kapan waktu penyalurannya kami belum bisa memastikan, yang pasti bulan ini. Selain itu, untuk bantuan tetap tidak berubah, yakni tetap tiga bulan,” ungkapnya, Senin (4/5/2020).

Dirinya mengungkapkan, kendala tidak bisa disalurkannya BLT DD di bulan pertama, lantaran terlalu banyak data perbandingan. Hal itu dilakukan agar bantuan tersebut tidak tumpang tindih dengan program bansos lainnya.

“Untuk penyaluran kami target minggu ini bisa disalurkan kepada penerima,” tukasnya.

Tidak hanya itu, dalam proses pendataan, pihaknya mengaku tidak mengkroscek ke bawah untuk memastikan program tersebut tepat sasaran atau tidak. Sebab Bupati Sampang H. Slamet Junaidi sudah memberikan wewenang ke pihak kecamatan untuk melakukan perbandingan data agar tidak ada penerima yang menerima bantuan dari program lain.

“Untuk mengkroscek bukan kami, yakni kecamatan, namun nanti jika ada pengaduan kami sampaikan ke kecamatan untuk dilakukan pengecekan ke bawah,” imbuhnya. (mal/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *