oleh

DKBP3A Bangkalan Janji Perbaharui Data Pernikahan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Bangkalan berencana akan melakukan pendataan keluarga baru. Pendataan yang dilakukan, berbeda dengan sensus penduduk. Kegiatan tersebut hanya bertujuan mengukur kualitas keluarga di Bangkalan.

Kepala DKBP3A Bangkalan Amina Rahmawati menyampaikan, pendataan keluarga tersebut nanti akan dilakukan secara menyeluruh sejak April mendatang. “April ini kita mulai, kemungkinan sampai satu atau dua bulan ke depan,” katanya.

Menurut Amina, pendataan keluarga tersebut merupakan agenda rutin dinas, selama lima tahun sekali, untuk melihat dan memantau perkembangan keluarga baru di Bangkalan.

“Apakah menjadi lebih baik atau malah tambah kurang baik,” ulasnya.

Pendataan tersebut nanti akan menjadi bahan evaluasi, agar bisa melakukan perbaikan dan memantau keluarga yang sudah terdata. Salah satunya dari faktor usia, keharmonisan, dan juga ekonomi.

“Ini nanti akan kami pantau. Dan akan kami bina jika dirasa perlu dan membutuhkan,” tuturnya.

Sedangkan, untuk petugas survey, dirinya menyampaikan akan menggunakan kader keluarga berencana (KB), dengan cara mendatangi setiap rumah.

“Caranya memang ada manual dan digital, tapi nanti petugas tetap datang kerumah,” ulasnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Bangkalan Arif Rahman menjelaskan, kondisi perkawinan di masyarakat masih cukup banyak yang di bawah umur. Sehingga perlu memang adanya pendataan dan dibina.

“Agar mereka tidak mudah berpisah, ini memang harus dibina,” paparnya.

Menurut Arif pendataan tersebut akan membuktikan kualitas kekeluargaan. Sehingga nanti dapat menjadi bahan evaluasi agar dilakukan antisipasi pembinaan lebih dini.

“Saya dukung dan saya harap program pendataan ini bisa berhasil,” pungkasnya. (km59/mam)

Komentar

News Feed