oleh

DKP Anggarkan Rp3 M untuk Pengelolaan Perikanan Tangkap

Kabarmadura.id/Sumenep-Pada tahun 2020, Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep mendapatkan anggaran senilai Rp3 miliar lebih. Anggaran tersebut akan  digunakan untuk pengelolaan perikanan tangkap di antaranya, pelatihan perbaikan perahu, pengadaan mesin, pengadaan perahu, pengadaan alat tangkap, perbaikan mesin dan perbaikan perahu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Perikanan Tangkap Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sumenep Edie Ferrydianto mengatakan, dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Penadapatan dan Belanja Nasional (APBN).

“Semua program tahun 2020 akan segera dilaksanakan dengan kapasitas anggaran yang ada,” katanya, Senin (06/01/2020).

Dijelaskan, anggaran yang bersumber dari APBD masing-masing program di bawah Rp200 juta ada pula yang diatas Rp200 juta. Untuk dana yang bersumber dari APBN atau Dana Alikasi Khusus (DAK) rata-rata dilakukan pelelangan. Sebab, dananya diatas Rp200 juta, misalnya pengadaan perahu dan pengadaan jaring melenium yang nantinya akan disebar ke semua kecamatan. Keduanya akan menelan dana di atas Rp500 juta.

“Turunnya dana setelah semua program sudah rampung dan dapat mengetahui jumlah masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Saat ini pihaknya akan melakukan sosialisasi pada kelompok-kelompok pengusul bantuan. Misalnya, di Kecamatan Kalianget dan seluruh Kecamatan Kepulauan serta kecamatan yang mebutuhkan seperti Kecamatan Bluto dan Kecamatan Sarongggi.

“Sosialisaai akan dilakukan setiap hari hingga khir Januari atau awal Februari 2020,” ujarnya.

Edie menambahkan, pada tahun 2019 semua program sudah terserap termasuk program bantuan mesin perahu dan lain sebagainya. Dengan demikian, pada tahun 2020 akan terus digenjot lagi untuk kesejahteraan masyarakat Sumenep.

“Program tahun 2019 dangan 2020 hampir sama, dan anggaranpun juga tidak ada perubahan yang signifikan. Harapan kami semua program tahun 2020 terealisasi dengan baik tanpa kendala apapun,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengharapkan, semua anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumenep Tahun 2020 maksimal. Termasuk OPD Dinas perikanan agar masyarakat merasakan program yang bersumber dari pemerintah itu.

“Jika program serta anggarannya dimaksimalkan maka masyarakat akan menilai pemerintah tidak main main dalam menjalankan program,” tegasnya. (imd/pai)

 

Komentar

News Feed