oleh

DKP Sampang Gelar FGD, Tingkatkan Penyerapan Garam Rakyat

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sampang menggelar Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan itu untuk memfasilitasi petani garam dan suplayer dalam upaya meningkatkan sumberdaya perikanan budidaya dan penyerapan garam di Kota Bahari, Selasa (22/9/20).

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya DKP Sampang Moh. Mahfud menuturkan,  pertemuan yang digelar itu untuk berdiskusi dengan petambak garam dan para asosiasi petambak. Kegiatan itu itu atas dasaradanya garam rakyat yang tidak terserap. Sehingga, berdasrkan pertemuan itu muncul inisatif untuk penambahan suplayer.

Terlebih, suplayer yang menyerap garam di Kota Bahari tidak semuanya asli orang Sampang, sehingga pihaknya akan berupaya suplayer yang menyerap garam milik petani ini betul-betul asli orang Sampang.

“Pertemuan ini agar garam terserap, dengan cara menambah suplayer. Selain itu terkait suplayer yang bukan asli orang Sampang, dan ini yang kami perjuangkan. Supaya yang beli garam di Kota Bahari ini orang Sampang,” ungkapnya, Selasa (22/9/2020).

Bahkan pihaknya akan berupaya, setip aspirasi dari petambak garam akan ditampung untuk didiskusikan dengan Dinas Kelautan Provinsi Jawa Timur, selain itu karena notabenya perusahnnya garam tersebut ada di Surabaya. Maka nanti akan membahas dengan provinsi soal harga garam yang sekiranya layak, agar sama-sama menguntungkan.

“Nanti kita akan berdiskusi jug terkait serapan, penambhn suplayer ke provinsi, agar garam petani in bisa terserap, selain itu nanti kita akan bahas soal harga, agar dinaikan,” imbuhnya.

Kendati demikian, lanjut Mahfud, berharap dengan pertemuan ini bagaimana kesejahteraan petambak garam bisa meningkat, salah satunya dengan menaikan harga garam.

Ditegaskannya, salah satu pendapatan petambak garam yakni dari garam. Jadi intinya, DKPP akan terus berupaya agar kesejahteraan petani garam meningkat.

“Harapan kami nanti, kesejahteraan petani garam ini meningkat, mengingat salah satu tempat penghasilannya ini dari bertani garam,” pungksnya. (mal/mam)

Komentar

News Feed