DKPP Apresiasi Langkah Kodim 0827/Sumenep Tanam Pepaya California dan Cabai di Area Wisata Tani


DKPP Apresiasi Langkah Kodim 0827/Sumenep Tanam Pepaya California dan Cabai di Area Wisata Tani
(KM/Subaidi Iksan) BERTEKAD: DKPP Kabupaten Sumenep memiliki tekat keinginan kuat untuk mensejahterakan para petani.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep mengapresiasi langkah Kodim 0827/Sumenep yang turut terlibat dalam memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif. Seperti yang dilakukan Kodim Sumenep di area wisata tani di Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding.

Di lahan tersebut, selain menanam jagung seluas 2,2 hektar, Kodim 0827/Sumenep juga menanam pepaya california dan cabai seluas setengah hektar.

Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memotivasi petani di Kota Keris untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif. Selain itu, petani dapat merasa terayomi dalam mengembangkan pertanian dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan.

"Paling tidak para petani sudah mengembangkan di lahan-lahan yang ada. Ini hanya sebagai sampel, para petani yang lain semoga menirunya," tegas dia, Minggu (11/9/2022).

Pria yang akrab disapa Arif itu mengutarakan, dirinya juga mengapresiasi pada langkah Komandan Kodim (Dandim) 0827 Sumenep, karena telah membantu meningkatkan ketahanan pangan di Sumenep. Dalam penanaman perdana tersebut, juga dihadiri Komandan Korem (Danrem) 084 Bhaskara Jaya.

“Kami atas nama Pemkab Sumenep juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Danrem 084 Bhaskara Jaya dan ibu yang telah ikut serta meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep ini,” tutur Arif.

Menurutnya, upaya meningkatkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan tidur, sangat banyak.

Sebelumnya, Kodim Sumenep juga telah berhasil memanfaatkan lahan tidur di Kecamatan Ganding seluas 2,2 hektar untuk ditanami jagung dan seluas 5 hektar untuk penanaman cabai di kecamatan Rubaru.

"Penanaman pepaya california dan cabai perdana di Kecamatan Ganding diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat petani setempat, ini merupakan salah satu contoh pembelajaran kepada petani untuk menanam secara GAP (good agricultural practices),” bebernya.

Arif juga berkomitmen akan terus berusaha meningkatkan hasil panen dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita bahu membahu dan berkolaborasi dalam mengembangkan pertanian di Kota keris ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Dandim Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sumenep atas kerja sama dan dukungan dalam program peningkatan ketahanan pangan nasional.

“Ketika saya bertugas di sini, kami mendengar ada wisata tani yang masih tahap pengembangan,” kata dia, Kamis (8/9/2022),

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna