DLH Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Sehat

  • Whatsapp
SUKSES: Ratusan Siswa SD Se-Kabupaten Sampang ikut meramaikan lomba melukis lingkungan pada momentum hari lingkungan hidup se-dunia dan berlangsung meriah.

Kabarmadura.id/Sampang-Dalam rangka memperingati momentum hari lingkungan hidup se-dunia tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang, menggelar lomba melukis sebagai sarana perkenalan upaya pengendalian polusi udara sejak usia dini.

Lomba melukis tingkat sekolah dasar (SD) yang dipusatkan di lapangan Gor Indoor Wijaya Kusuma Sampang, pada Sabtu (5/10) lalu itu, bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan peran serta masyarakat, khususnya para siswa dalam menciptakan lingkungan sehat.

Kegiatan yang diikuti acara 202 orang siswa dari berbagai SD di Kota Bahari itu, mengangkat tema ‘Beat Air Pollution’ atau kendalikan polusi udara yang secara nasional diperluas maknanya dengan tema ‘Biru langitku, Hijau bumiku’ oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Pengelolaan Lingkungan (PPL) DLH Sampang Moh. Zainullah menuturkan, digelarnya kegiatan lomba melukis lingkungan itu,  diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian dan kesadaran siswa-siswi SD sebagai generasi penerus bangsa, untuk mengendalikan polusi udara dan menjadi kelestarian lingkungan.

“Semoga kegiatan lomba melukis ini dapat meningkatkan kecintaan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, mewujudkan lingkungan yang bersih sehat dan bersahabat bagi masyarakat,” tutur Moh Zainullah kepada Kabar Madura, Senin (7/10).

Kata Zainullah (sapaan akrabnya), kedepannya peran serta masyarakat, khususnya para siswa-siswi SD di Kota Bahari terhadap keasrian lingkungan dapat meningkat dan lebih baik. Lebih dari itu, pihaknya mengajak warga secara umum untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah serta  pengendalian polusi udara di Kabupaten Sampang.

Sebab menurutnya, untuk menciptakan lingkungan bersih, bisa dimulai dari setiap pribadi masyarakat sendiri, salah satunya dengan mengurangi produksi sampah, mengurangi penggunaan kantong plastik, memisahkan sampah dari rumah dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar demi terwujudnya lingkungan bebas polusi, bersih, sehat dan bersahabat.

“Aksi sadar lingkungan ini bisa dimulai dari aksi kecil dan nyata yang bisa kita lakukan dari diri sendiri mulai saat ini untuk kebaikan bersama demi mewujudkan lingkungan yang tetap bersahabat, sesuai tema Biru langitku, Hijau bumiku,” terangnya.

Untuk itu, Zainulah meminta masyarakat, agar memanfaatkan momentum kali ini sebagai tonggak perubahan demi mewujudkan Indonesia, khususnya Kabupaten Sampang yang bersih dan bebas dari sampah dan polusi.

“Peran serta masyarakat dan pemerintah harus terus bersinergi, demi terwujudnya masyarakat sadar lingkungan, sehingga lingkungan bersih, sehat dan tetap bersahabat,” tutupnya.

Untuk diketahui, Juara lomba melukis pada momentum hari lingkungan hidup tahun ini, meliputi juara 1, Nuha Alisha, SDN Ketapang Barat 2, Juara 2, Dian Sasongko, Gunong Sekar I, juara II, Helmi Habibulloh, Gunong Sekar II, juara harapan I, Irfani Eka, Gunong Sekar I, Juara harapan II, M. Sahroni, Karang Dalam I, Juara harapan III, Abdillah Haikal, Gunung Sekar I. (sub/pin/adv)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *