oleh

DLH Akui Kesulitan Tambah Luasan RTH

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, berencana untuk menambah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di area perkotaan. Namun hal itu diakui sulit mewujudkan hal tersebut dalam waktu dekat.

Kepala Bidang (Kabid) Konservasi dan Rehabilitasi Lingkungan DLH Sampang Imam Irawan mengatakan, luas RTH di wilayah perkotaan sekitar 4-5 hektar. Luasan itu terfokus pada taman-taman yang ada di wilayah perkotaan.

Dirinya mengakui masih mengalami kesulitan untuk menambah luasan RTH yang ditarget sebesar 30 persen dari luas wilayah perkotaan. Sebab, ketersediaan lahan untuk kawasan RTH di wilayah perkotaan sangat terbatas.

“Luasan RTH untuk taman sekitar 4 hektar, termasuk koridor-koridor jalan, serta taman-taman kecil yang ada dipinggir jalan,” ungkapnya, Selasa (7/1/2020)

Dirinya juga menyampaikan, selain keterbatasan lahan, perluasan kawasan RTH juga dihambat ketersediaan anggaran. Diungkapkan olehnya, anggaran untuk mengelola luasan RTH hanya sebesar Rp60 juta. Akibatnya, pihaknya hanya bisa memelihara tanaman-tanaman yang ada, tanpa bisa melakukan penambahan.

Dilanjutkannya, untuk memperluas RTH, pihaknya akan menggunakan lahan-lahan yang ada di pinggir sungai, termasuk sungai Kali Kamuning, serta menggalakkan giat penanaman pohon produktif ke desa-desa yang ada di Kabupaten Sampang.

“Beda dengan provinsi tanamannya 3 bulan sekali diganti, karena anggaran dalam satu tahun mencapai Rp7 miliar,” tutupnya. (km49/pin)

 

Komentar

News Feed