oleh

DLH Bangkalan Biarkan 4 TPS3R Tak Beroperasi

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Empat tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (TPS3R) di daerah perkotaan tak beroperasi. Padahal sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menjanjikan bulan Maret sudah bisa digunakan. Namun nyatanya keberadaan TPS3R tanpa beroperasi.

Berdasarkan data pembangunan TPS3R 2020, tercatat ada 6 TPS3R yang sudah selesai di bangun. Namun, dari jumlah itu masih dua lokasi yang digunakan, yaitu di Mlajah dan Kemayoran. Sedangkan sisanya, di Pangeranan, Martajasah, Pejagan dan Tunjung hingga saat ini belum berjalan.

Salah satu warga kelurahan Pangeranan, Hosen menuturkan, dirinya sudah terdaftar menjadi pelanggan untuk TPS3R yang dibangun di sekitar rumahnya. Dengan bersedia membayar Rp 15 ribu dalam satu bulan.

”Saya sudah lama di data menjadi pelanggan di TPS3R ini, tapi sampai sekarang belum dioperasikan,” ungkapnya.

Hosen mengaku tidak tahu penyebab TPS3R tidak dioperasikan. Padahal menurutnya peralatan dan prasarana sudah lengkap. Tinggal dikerjakan saja.

”Tidak tau kenapa belum dioperasikan, padahal saya sudah menunggu,” ulasnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Bangkalan Yudistiro mengaku, saat ini masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Agar masyarakat bisa berlangganan membuang sampah di TPS3R yang sudah disediakan.

”Karena ada petugas yang mengambil sampah dari perumahan ke TPS3R, mereka harus dibayar,” katanya.

Menurut Yudistiro, setiap rumah yang berlangganan harus membayar uang kontribusi, diperkirakan Rp10 sampai 15 ribu. Nominal sebesar itu akan masuk ke DLH sebesar Rp 2 ribu sebagai pendapatan daerah. Sisanya masuk kepada petugas yang mengambil sampah.

“Kita akan data dulu. Uang itu masuk ke pemerintah, biaya operasional dan gaji petugas sampah,” tuturnya

Pihaknya berjanji dalam bulan ini bisa menyelesaikan tahap sosialisasi dan penyediaan sumber daya manusia (SDM). Bahkan bulan April yang akan datang semua TPS3R bisa beroperasi.

”Mudah-mudahan lancar dan tidak ada kendala lain, sehingga bisa segera mengatasi sampah-sampah itu,” pungkasnya. (km59/mam)

Pembangunan TPS3R Anggaran 2020

6 Lokasi

  1. Mlajah (Beroperasi)
  2. Kemayoran (Beroperasi)
  3. Pangeranan (Belum Beroperasi)
  4. Tunjung (Belum Beroperasi)
  5. Pejagan (Belum Beroperasi)
  6. Martajasah (Belum Beroperasi)

Masing-masing dianggarkan Rp 600 juta

 

Komentar

News Feed