DLH Bangkalan Diminta Sasar Perumahan tanpa TPS

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BERSERAKAN: Pengendara saat melintas di sekitaran Kelurahan Mlajah, Bangkalan, kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Penangan sampah di sejumlah perumahan dinilai belum maksimal. Kondisi itu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan akan segera menyisir perumahan yang belum memiliki tempat pembuangan sementara (TPS).

Salah satu warga Kelurahan Mlajah Solihin, mengaku kesal lantaran ada beberapa titik pembuangan sampah yang mengganggu warga. Berdasarkan informasi dari warga, sampah berasal dari sampah perumahan setempat.

Bacaan Lainnya

”Ini yang banyak sampah pampers dan sampah rumah tangga, sedangkan warga biasanya membakar sampahnya sendiri,” ulasnya.

Kata Solihin, banyak perumahan yang belum memiliki tempat pembuangan sampah. Sehingga sudah seharusnya ditangani dan dikoordinatori oleh DLH. Sebab, selain membuang tidak pada lingkungannya, yang menjadi sasaran adalah lingkungan masyarakat di kelurahan. ”Kami kan juga kesal, sampah kami kami rawat sendiri, sampah mereka dibuang kesini,” paparnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Limbah dan Sampah B3 Yudistiro Adi Nugroho mengatakan,n sedang mengincar beberapa perumahan yang masih bermasalah dengan sampah. Selain itu juga akan meminimalisir sampah perumahan yang dibuang di TPS ilegal. ”Kami memang targetkan tahun ini akan mengakomodir itu,” paparya.

Kata Yudistiro, setiap kepala keluarga di perumahan bisa saja ditarik retribusi sesuai perda sebesar Rp2.000. Sehingga bisa dihitung dan dilipatgandakan. Pihaknya menegaskan bakal memastikan koordinasi dan mobilisasi sampah di perumahan. Dengan harapan agar sampah lekas ditangani dengan baik dan PAD bisa meningkat. ”Kami akan usahakan sesegera mungkin menyelesaikan dan akan memanggil para pengelola perumahan,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *