DLH Kabupaten Sumenep Rahasiakan Hasil Lab Pantai Lombang

  • Bagikan
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) BURAM: Persoalan tambak di Pantai Lombang Kecamatan Batang-batang tidak ada tindak lanjut yang nyata.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -kerahasiaan hasil uji lab, tentang limbah di Pantai Lombang Kabupaten Sumenep, berdasarkan regulasi. Yakni, Peraturan Menteri (Permen) Nomor P.23/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2020 tentang Laboratorium Lingkungan. Hal tersebut diungkapkan, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, Ernawan Utomo, Selasa (08/12/2020).

Menurutnya, laboratorium lingkungan harus berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan informasi secara hukum yang diperoleh atau dihasilkan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup. Kebijakan dan tindakan dalam menjaga kerahasiaan informasi laboratorium lingkungan, berlaku bagi seluruh personel laboratorium dan pihak eksternal dengan melengkapi formulir pakta integritas.

Dia mengatakan, hingga saat ini hasil uji lab sudah final dan tidak ada masalah. Meski demikian, ada beberapa tambak yang harus dievaluasi. Utamanya, tambak yang berizin. Sebab, keberadaan tambak berizin juga mencemari lingkungan pantai. “Tidak serta merta dapat menyampaikan secara detail mengenai hasil uji lab. Tetapi, intinya yang berizin juga mencemari,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini sudah dilakukan pembinaan terhadap tambak yang tidak berizin. Sehingga, dirinya berkomitmen dengan pihak perusahaan, jika dalam waktu dekat tetap tidak mengikuti aturan, maka, akan mengambil langkah lebih tegas. Misalnya, menutup sementara atau ditutup selamanya. “Kami patuh terhadap regulasi,” tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Sumenep Zulkarnaen menyampaikan, ada tujuh tambak yang di investigasi ke lapangan. Namun, yang dapat ditemui tiga pemilik tambak. Masing-masing dua tambak udang berizin dan 1 tambak yang sudah di tutup outletnya. “Mengenai data lengkap silahkan ke DLH. Mereka pasti mengetahui hasil uji labnya,” pungkasnya. (imd/ito)

Baca juga  HGN 2019, Disdik Sumenep Resmi Luncurkan Kartu Cerdas
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan