DLH Sumenep: Pengalihan RTH Terkendala SDM

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) TERANCAM: Pengalihan RTH masih direncanakan terlaksana di tahun 2022.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Rencana pengalihan pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKP dan CK) ke  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terancam gagal terealisasi. Sebab, rencana pengalihan tersebut membutuhkan anggaran serta terkenda sumber daya manusia (SDM).

Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan DLH Sumenep Zainal Arifin mengatakan, rencana pengalihan harus terealisasi tahun 2022 mendatang. Sebab, anggaran tidak memadai, serta personel masih belum siap.

Bacaan Lainnya

“Seandainya pengalihan disertai anggaran yang memadai. Maka, kami siap,” katanya, Kamis (12/8/2021)

Dia menjelaskan, berdasarkan data pengajuan dari DPRKP dan CK RTH  yang diajukan, di antaranya Taman Edukasi Desa Pandian Kecamatan Kota, Taman Kejora, Taman Siding Puri di Desa Parsanga, Taman Kota Keris.

Menurut Zainal, selain anggaran SDM masih kurang, taman yang dikelola DLH juga masih kurang, yakni sebanyak 18 taman salah satunya Taman Pojok Pamolokan masih kurang personel. dari 62 personel masih butuh 28 personel lagi agar dapat dialihkan.

“Jadi, karena anggaran dan personel tidak memadai, maka pengalihan setidaknya terealisasi tahun 2022,” ujarnya.

Kepala DPRKP dan CK Sumenep Mohammad Jakfar melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang mengatakan, jumlah RTH yang dikelola instansinya sebanyak 22 RTH salah satunya di Taman Tajamara.

“Semua pengelolaan nantinya bakal dialihkan pada DLH,” ujar dia.

Menurutnya, dengan dialihkan pada DLH. Semua anggaran, termasuk gaji tim satgas petugas menyapu, penyiraman bunga dan lainnya akan dianggarkan oleh DLH. Untuk saat ini masih dinasnya yang memberikan gaji. Yakni Rp850 ribu setiap bulan.

“Sebanyak 35 orang petugas kebersihan di RTH,” pungkasnya. (imd/mam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *