DLH Sumenep Sebut Pelestarian Mangrove Tanggung Jawab Pemprov

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) TIDAK DIPROGRAMKAN: Pelestarian hutan mangrove tidak lagi menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep tidak memprogramkan pelestarian hutan mangrove. Sebab, segala kebijakan yang berkaitan dengan mangrove merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Hal ini diungkapkan Plt Kepala DLH Sumenep Ernawan Utomo, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, meski tidak memiliki wewenang tetap peduli terhadap kelestarian hutan mangrove. Salah satu faktanya, pernah membersihkan sampah di hutan mangrove yang ada di pesisir pantai. sebab, kebersihan merupakan langkah utama untuk keindahan ekosistem alam. “Jadi, kami belum bisa membantu untuk merawatnya, karena sudah wewenang pemprov,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menuturkan, pada dasarnya rasa peduli bukan perkara seberapa banyak mangrove yang ditanam, tetapi semangat kepedulian kepada sosial dan lingkungan hidup merupakan hal utama yang harus diterapkan. Sementara, penanaman mangrove di daerah sudah berjalan tiga tahun terakhir dari berbagai kalangan.

“Pada 2018 menanam 38.000 mangrove, sampai 2020 bertambah sekitar 25.00. Untuk tahun 2021 ini, tidak ada penanaman yang langsung dari pihak kami atau daerah. Tetapi, program menanam atau melestarikan mangrove dari provinsi. Seperti, di Kebundadap timur yang saat ini dikelola sebagai destinasi wisata. Jadi jika ada pelestarian atau penanaman pasti dari Pemprov Jatim,” tuturnya.

Semenatara itu, Ketua Pokdarwis Wisata Mangrove Kedatim Rudi Hartono mengaku, daerah tidak pernah memberikan bantuan mengenai pelestarian hutan mangrove.  Seperti, penanaman 150 bibit mangrove. Tujuannya, selain melestarikan mangrove juga untuk pengembangan wisata. “Kami harap pemkab juga memprogramkan pelestarian hutan mangrove. Agar hutan mangrove tidak punah,” harapnya. (imd/ito)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *