oleh

Dongkrak Wisatawan, Disparbud Pamekasan Gelar Gebyar Ketupat

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pamekasan, dalam melakukan promosi wisata harus diapresiasi. Setelah beberapa kali melakukan pengembangan destinasi wisata, Disparbud terus gencar melakukan promosi destinasi wisata untuk menggaet wisatawan, salah satunya dengan menggelar Gebyar Ketupat.

Kegiatan yang ditempatkan di Pantai Talang Siring itu, bertujuan untuk mempromosikan tradisi lebaran ketupat, yakni H+7 pasca hari Raya Idul Fitri. Melalui kegiatan itu, kunjungan wisatawan diharapkan bisa meningkat di hari-hari biasa.

Kepala Disparbud Pamekasan Achmad Sjaifuddin mengatakan, tujuan diadakannya Gebyar Ketupat dengan dibarengi berbagai promosi potensi wisata khas bumi gerbang salam itu,  tidak lain agar supaya masyarakat turut berperan dalam melestarikan tradisi lokal, utamanya dalam perayaan tellasan ketupat yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat di Madura.

Tellasan ketupat, supaya tetap lestari karena itu nilai silaturahim dan kekerabatannya cukup tinggi” paparnya, Rabu (12/5).

Selain itu, Achmad mengatakan agenda tersebut juga menjadi ajang promosi sejumlah destinasi wisata Pamekasan, baik wisata alam, kebudayaan maupun tradisi lokal, sehingga  mampu menarik wisatawan domestik maupun internasional, untuk berkunjung ke Pamekasan.

Dia berharap, para perantau yang mudik dan mau kembali lagi ke tempat kerjanya bisa menikmati destinasi wisata yang ada, bahkan jika perlu, mereka juga ikut mempromosikan potensi wisata Pamekasan ke daerah tempat mereka merantau.

“Dalam rangka menarik wisatawan datang ke tempat-tempat wisata yang kita proyeksikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Sekkab Pamekasan Andik Fajar Tjahjono sangat mengapresiasi upaya Disparbud untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayahnya. Menurutnya, potensi wisata di Pamekasan sangat besar, salah satunya wisata pantai Talang Siring yang menyajikan keindahan hamparan laut dengan hutan bakau.

“Wisata Talang Siring sangat potensial, tinggal bagaimana kita mengelolanya,” ungkapnya.

Dia meyakini, promosi wisata yang gencar dilakukan akan membuahkan hasil maksimal. Selain untuk peningkatan Pendatapan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata, yang tak kalah penting adalah peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata yang ada.

“Yang penting itu kita bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar destinasi wisata ini,” tandasnya. (km47/pin)

Komentar

News Feed