oleh

Dorong Gerakan Literasi, Disarpus Hadirkan ‘Pojur’

Kabarmadura.id/Sampang-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang berkomitmen untuk terus meningkatkan budaya baca dan semangat literasi masyarakat. Terbaru, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disarpus) Kabupaten Sampang menyediakan Pojok Baca Kejujuran (Pojur) di Taman Wijaya Kusuma Sampang.

Keberadaan Pojur tersebut, sebagai sarana penunjang masyarakat untuk lebih meningkatkan minat baca, mendorong semangat literasi dan melatih kejujuran diri. Berdirinya Pojur di ruang publik itu merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang.

Kepada Kabar Madura, Kepala Disarpus Sampang Sudarmanto menyampaikan, inovasi untuk terus mendorong minat, budaya membaca dan literasi sangat perlu dilakukan, terlebih di era digital saat ini. Untuk merangsang dan menstimulus warga agar membaca, tidak cukup hanya mengajak masyarakat berkunjung ke perpustakaan daerah.

Akan tetapi, pemkab harus lebih peka terhadap kebutuhan masyarakat dan menjemput bola dengan menyediakan sarana membaca di berbagai ruang publik. Dengan begitu diharapkan budaya dan semangat membaca, khususnya masyarakat Sampang dapat meningkat.

”Kehadiran Pojur ini adalah salah satu inovasi yang dilakukan Disarpus bekerjasama dengan DLH untuk mendorong semangat literasi dan budaya membaca masyarakat, utamanya para generasi muda,” tutur Sudarmanto, kemarin (10/7).

Ia menjelaskan, ke depan pihaknya akan memperbanyak ketersediaan Pojur di berbagai ruang publik lainnya. Dalam waktu dekat  ini, pihaknya akan menambah di Taman Kota Sampang. Sementara untuk jumlah buku yang tersedia di Pojur Taman Wijaya Kusuma sebanyak 500 unit buku.

Keberadaan fasilitas membaca tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Setelah membaca, maka buku harus dikembalikan tidak boleh dibawa pulang. Itu sebagai latihan kejujuran diri, sehingga terbentuk kepribadian gemar membaca dan jujur.

“Mudah-mudahan kehadiran Pojur ini bermanfaat maksimal sebagaimana harapan bersama,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Konservasi, Rehabilitasi Lingkungan dan Pertamanan DLH Sampang Imam Irawan menegaskan, lahirnya Pojur itu merupakaan sinergitas yang bagus anatara OPD dalam meningkatkan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat, terlebih upaya meningkatkan budaya baca masyarakat Sampang.

Alhasil, masyarakat tidak hanya bisa menyalurkan hobi membacanya di indoor, tetapi juga dimanjakan di ruang outdoor sembari menikmatai keasrian dan keindahan Taman Wijaya Kusuma sebagai ruang publik dan terbuka hijau.

“Warga yang datang ke Taman ini, tidak hanya dimanjakan dengan keindahan dan kenyamanan taman. Namun bisa membaca di ruang terbuka yang akan mendapatkan sensasi tersendiri,”terangnya.

Salah satu warga yang pernah berkunjung ke Pojur di Taman Wijaya tersebut, Bukhori (27) mengaku sangat senang dan merasa terfasilitasi oleh Pemkab Sampang atas inovasi untuk mendorong budaya baca dan semangat literasi, karena bisa membaca buku di suasana yang berbeda.

“Jujur, saya sangat senang dan berterimaksih atas terobosan dari pemkab ini dengan menghadirkan pojok baca di ruang publik, sehingga bisa terdorong untuk membaca,”singkatnya. (sub/pai)

Komentar

News Feed