Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Pamekasan Adakan Pelatihan Daur Ulang Barang Bekas


Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Pamekasan Adakan Pelatihan Daur Ulang Barang Bekas
(DPMPTSP DAN NAKER FOR KM.ID) Peserta pelatihan saat proses membuat kerajinan menggunakan gelas air mineral bekas.

KM.ID | PAMEKASAN -- Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Pamekasan melatih masyarakat membuat kerajinan dari botol plastik bekas.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 peserta selama tujuh hari dari 12 September hingga 18 September 2022, di Desa Bulangan Barat, Kecamatan Pegantenan.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Hubungan Industri DPMPTSP dan Naker Pamekasan Deddy Aryanto mengatakan, pelatihan ini bagian dari upaya pemerintah kabupaten (pemkab) untuk membangkitkan ekonomi pasca pandemi dengan mengembangkan kreatifitas masyarakat.

"Masyarakat itu sudah kreatif, tinggal mengarahkan ke bidang yang diminati dengan pelatihan seperti ini," ungkapnya kepada KM.ID, Jumat (16/9/2022).

Selain itu, kata Deddy, pihaknya sengaja mengambil jenis pelatihan kerajinan botol plastik untuk bisa mendaur ulang barang bekas. "Ini juga dalam rangka mengurangi pencemaran lingkungan," tambahnya.

Salah seorang peserta, Siti Nur Azizah, mengaku senang dapat mengikuti pelatihan ini. Sebab bisa belajar cara mengubah barang bekas menjadi produk menarik.

"Saya baru sadar, kalau barang yang dianggap tidak penting, bisa berubah menjadi produk yang laku di pasaran," katanya kepada KM.ID, Jumat (16/9/2022).

Di samping itu, Nur bersama teman-teman sudah ada niatan untuk fokus memproduksi tas dan sejenisnya untuk dijual di pasaran.

"Saya mau belajar variasi lain, agar produknya tidak hanya tas," pungkasnya.

Reporter: M. Arif

Redaktur: Sule Sulaiman