oleh

Dorong Prestasi Olahraga Meningkat, Disparbudpora Siapkan Dana Rp2 Miliar

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Moh Iksan menyampaikan, anggaran peningkatan prestasi olahraga tahun 2020 meningkat menjadi Rp2 miliar, dari tahun sebelumnya yang hanya Rp1,75 miliar. Peningkatan anggaran ini sudah disetujui oleh Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim.

“Realisasinya akan dimulai bulan Maret, dan itu tergantung cabor yang sudah siap setor laporan SPJ-nya, yang selesai pasti langsung kami cairkan terlebih dahulu,” katanya, Senin (6/1/2019).

Ia menambahkan, semua anggaraan tahun 2019 tersebut telah terealisasi semua ke masing-masing kelompok pembinaan olahraga, baik Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan lembaga lainnya.

Selain itu, dari jumlah pagu anggaran Rp2 miliar yang dikucurkan tahun ini dan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tersebut, 75 persennya diamanahkan kepada PSSI.

“Sebenarnya sudah kami petakan antara KONI dan PSSI tapi 75 persen disalurkan ke PSSI dan yang pasti percabor ada kenaikan dari 10 sampai 15 persen, karena olahraga menjadi perhatian serius dari pemerintah,” imbuhnya.

Menurutnya, penambahan anggaran akan terus ditingkatkan setiap tahunnya apabila peningkatan prestasi semakin pesat. Karena pemerintah akan terus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya agar olahraga dapat mengangkat nama Sumenep ke level yang lebih tinggi.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu menyebutkan, saat ini dari 21 atlet yang ikut dalam ajang Porprov, hanya berhasil mengumpulkan 2 perak dan 9 perunggu. (ara/pai)

Komentar

News Feed