oleh

DP3AKB Pamekasan Pastikan Alat Kontrasepsi Cukup Hingga Desember

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Ketersediaan alat kontrasepsi tahun ini cukup hingga bulan Desember atau akhir tahun. Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (DP3AKB) Pamekasan, Yudistinah, Minggu (27/09/2020).

Menurutnya, alat kontrasepsi yang dimaksud berupa, pil KB, intra-uterine device (IUD), kondom,  dan lainnya. Alat tersebut  mencukupi untuk kebutuhan peserta KB aktif di Kabupaten yang berjuluk Gerbang Salam.

“Kalau alat kontrasepsi kapanpun diminta oleh fasilitas kesehatan (faskes) siap, persediaannya sampai bulan Desember, karena persediaan setelah habis di anfra lagi,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan untuk sumber dana  penyediaan alat kontrasepsi tidak menggunakan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Namun langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

“Jadi DP3AKB itu ada dua penampunya, yakni dinas perempuan dan KB provinsi, sedangkan untuk yang satunya BKKBN,” paparnya.

Dia menegaskan, untuk sosialisasi KB kepada masyarakat terdapat 53 orang yang diterjunkan. Menurutnya, petugas tersebut merupakan representasi dari pemerintah pusat. “ada 53 pegawai penyuluh KB, itu pegawai pusat semua, tidak ada pegawai daerah, diangkat oleh pusat, untuk tunjangannya pun dari pusat,” ulasnya.

Pihaknya berharap melalui sosialisasi KB yang dilakukan kepada masyarakat bisa sukses, dan masyarakat mampu mengatur kelahirannya, agar anak yang dilahirkan terakomodasi dengan baik. “Kami harapkan program KB bisa berjalan dengan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ainul Yakin, mengatakan untuk ketersediaan alat kontrasepsi sedianya dicukupi ketersediaannya. Namun yang perlu menjadi catatan, harus diawasi dengan baik agar tidak disalahgunakan oleh masyarakat.

“Yang perlu menjadi catatan adalah alat kontrasepsinya tidak disalah gunakan,” responnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed