DP3AKB Pamekasan Prediksi Kelahiran Bayi Diprediksi Membludak

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) DRASTIS; DP3AKB Pamekasan memprediksi akan terjadi ledakan kelahiran bayi pada bulan Desember 2020 mendatang.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pamekasan, memprediksi ada ledakan kelahiran bayi atau baby boom. Hal itu merupakan salah satu dampak penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan anjuran tetap di rumah saat wabah Covid-19.

Kepala DP3AKB Pamekasan Yudistina mengatan, prediksi tersebut dilandasi dengan pengurangan aktivitas warga di luar rumah. Menurutnya, aktivitas warga yang lebih banyak di dalam rumah, memicu angka kehamilan yang terus meningkat.

Bacaan Lainnya

“Jadi kami prediksi 9 bulan kedepan akan terjadi baby boom,” ungkapnya, (28/5/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam menekan baby boom itu, pihaknya sudah menerjunkan 54 orang penyuluh KB yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Gerbang Salam.

Dengan keberadaan penyuluh itu, pihaknya berharap masyarakat bisa melakukan penundaan kehamilan dengan ikut program keluarga berencana, atau ketika melakukan hubungan intim dengan pasangannya bisa menggunakan alat kontrasepsi.

“Kami juga melibatkan lintas sektor terkait, termasuk puskesmas dan tokoh masyarakat,” paparnya.

Selain itu, dia juga memastikan ketersediaan alat kontrasepsi, baik alat suntik implan, spiral, pil, dan kondom, aman hingga akhir tahun. Dijelaskannya, alat kontrasepsi itu untuk kebutuhan peserta KB aktif yang selama 4 bulan terakhir sebanyak 29,385 orang.

“Pasangan usia subur  dalam rentan waktu usia 20 hingga 35 tahun sebanyak 185.632 orang,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pamekasan Juma’ah meminta agar efektivitas dalam program keluarga berencana yang telah direncanakan bisa terlaksana dengan baik, meski di tengah mewabahnya Covid-19.

“Program yang telah direncanakan harus bisa dipertanggunggjawabkan dengan baik kepada masyarakat, sehingga pemanfaatannya jelas,” pungkasnya. (rul/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *