DP3AP2KB Pamekasan Sukses Lampaui Target Pelayanan KB

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) OPTIMAL: Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pamekasan (DP3AP2KB) Pamekasan maksimal dalam memberikan pelayanan KB terhadap masyarakat.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Momentum Hari Kontrasepsi Sedunia (World Contraception Day) pada tanggal 26 September ini, cukup dijadikan pelecut untuk mengoptimalkan kinerja Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pamekasan.

Faktanya, instansi tersebut berhasil melampaui target di bidang pelayanan KB. Dari target 38.033 pelayanan sesuai ketentuan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKBN) Provinsi Jawa Timur (Jatim), BKP3AP2KB mampu mencapai 100,75 persen atau mencapai 38.317 pelayanan KB terhadap masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Ini berkat kerjasama teman-teman di lapangan, seperti penyuluh KB. Jadi kami saling koordinasi dengan semua fasilitas kesehatan (fakes) di semua kecamatan,” ujar Kepala DP3AP2KB Pamekasan Yudistinah melalui Kepala Bidang (Kabid) KB Soerjati, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, semua kabupaten dan kota di jatim ditarget mengenai perkiraan peminat masyarakat (PPM) dalam menerima pelayanan KB. Sehingga khusus di daerah yang identik dengan slogan Gerbang Salam, semua metode pelayanan KB dimaksimalkan. Mulai dari intrauterine device (IUD), metode operasi wanita (MOW), medis operasi pria (MOP), suntik, implan, pil dan kondom.

“Pelayanan ini direalisasikan di semua fakes. Untuk durasi waktu dalam pencapaian target pelayanan KB ini semula dari 26 September hingga 26 Oktober. Tapi atas pertimbangan capaian di beberapa kabupaten dan kota masih belum terpenuhi, diperpanjang hingga tanggal 30 November,” ucapnya.

Pihaknya menuturkan, untuk capaian pelayanan KB di Pamekasan sudah tercapai pada tanggal 26 Oktober lalu. Pelayanan KB tidak hanya fokus ke akseptor KB baru, melainkan bisa akseptor lama. Misalnya, KB pasca persalinan dan juga bisa untuk akseptor yang ingin berganti mengenai pelayannya.

Ditegaskan, untuk target capaian di 13 kecamatan khusus daerah dengan slogan Bumi Ratu Pamelingan tidak  disamaratakan. Melainkan sesuai dengan jumlah penduduk, jangkauan luas wilayah dan minat masyarakat. “Sebenarnya target bukanlah semata-mata prioritas utama, yang pasti kami ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat, berharap masyarakat Pamekasan bisa menggunakan alat kontrasepsi KB untuk pengaturan kelahiran,” tegasnya. (*)

Kegiatan Pelayanan KB di Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2021

  • Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP
    • PPM 996 pelayanan KB
    • Capaian 941 pelayanan KB
  • Non MKJP
    • PPM 037 pelayanan KB
    • Capaian 376 pelayanan KB
  • Total PPM 38.033 pelayanan KB
    • Lampaui target hingga 317 pelayanan KB
    • Persentase 100,75 persen

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *