oleh

DPC PKB Sampang Minta Ketua DPRD Diganti

Kabarmadura.id/SAMPANG-Beberapa bulan terakhir, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang Imam Ubaidillah yang diusung Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tidak pernah ngantor. Kondisi kesehatan yang terganggu (sakit), jadi alasannya absen lama. Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Sampang kemudian meminta kursi ketua wakil rakyat itu dikocok ulang.

Ketua DPC PKB Sampang Achmad Fauzan Zaini berujar, posisi ketua DPRD itu merupakan hak dari PKB, karena yang menduduki jabatan itu saat ini adalah kader PKB. maka DPC PKB berhak mengusulkan pergantian oleh kader PKB yang lain.

Sedangkan untuk mengusulkan pergantian antar waktu (PAW), sudah bisa dilakukan, karena pengajuan PAW sudah ditutup sejak bulan Februari lalu. Terlebih, sisa masa jabatan ketua dan anggota DPRD Sampang tinggal sekitar 6 bulan.

“Karena beliau (ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah) kondisinya sakit sudah berbulan-bulan, maka kami mengajukan pergantian ketua dari keder PKB sendiri,” ujarnya kepada awak media, Kamis (14/3).

Sejatinya, proses dan tahapan pengajuan pergantian ketua DPRD tersebut relatif panjang, harus mengajukan surat permohonan kepada sekretaris DPRD, berkoordinasi dengan jajaran pimpinan DPRD yang lain dan sebagainya.

Namun PKB sudah mengajukan satu nama untuk menggantikan ketua DPRD. Calon tersebut dari kalangan kader PKB sendiri yang merupakan salah satu anggota DPRD Sampang.  Pengajuan pergantian ketua itu, juga hasil musyawarah internal partai, dewan syuro  dan dewan tanfidz PKB Sampang beberapa waktu yang lalu.

“Kami sudah menyiapkan penggantinya, atas nama Jauhari, anggota DPRD Sampang dari Kecamatan Tambelangan,” terangnya.

Permohonan pergantian kursi ketua DPRD tersebut, diharapkan segera mendapat persetujuan dari sekretariat dan jajaran pimpinan DPRD yang lainnya. Pihaknya sudah mengajukan surat permohonan secara resmi sekitar satu bulan yang lalu, namun hingga saat ini belum ada kejelasan.

“Yang mengajukan permohonan pergantian, sudah satu bulan yang lalu, tapi belum ada kejelasan dan persetujuan, karena kemungkinan masih diproses,”jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD (Sekwan) Sampang Anwar Abdullah belum bisa dimintai keterangan, saat dihubungi melalui telepon pribadinya, belum ada respon hingga berita ini diterbitkan. (sub/waw)

Komentar

News Feed