DPC PKB Sumenep Semarakkan HSN, Gelar Khotmil Quran dan Santunan Anak Yatim

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) SERANGKAIAN: DPC PKB Sumenep menggelar beberapa kegiatan bernilai agamis dan sosial untuk memperingati HSN 2021.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Pada momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep menggelar sejumlah serangkaian acara keagaman dan sosial. Kegiatan yang dimulai pada Kamis (22/10/2021) itu, di antaranya menggelar upacara khusus HSN dan menginstruksikan seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) PKB menggelar Khotmil Quran.

Ketua DPC PKB Sumenep KH. Imam Hasyim menjelaskan, pada acara khotmil Quran di kantor DPC yang berada di Jalan Imam Bonjol Nomor 35, Area Sawah, Pamolokan, Sumenep, tidak hanya melibatkan kader PKB saja, tetapi juga melibatkan para penghafal Alquran.

Bacaan Lainnya

“Ada dua jenis peringatan khotmil Quran ini, yakni bil ghaib yang mengundang para hafidz pada hari Kamis dan bin nadhor yang melibatkan santri dan para pengurus cabang atau DPC PKB,” kata Kiai Imam.

Dikatakan KH Imam, tujuan pada perayaan HSN yang diwarnai dengan kegiatan bacaan-bacaan Alquran. Hal itu dikarenakan keberhasilan terdahulu saat memperjuangkan kemerdekaan oleh para ulama dan santri yang menjadi senjata atau kekuatan adalah dengan ayat-ayat Alquran.

Ditegaskannya, resolusi jihad yang dikumandangkan adalah menjadi pecutan semangat, terutama bagi PKB yang notabenenya seluruh kader, pengurus dan jabatan strategis lain di PKB semua terdiri dari unsur santri. Ulama dan santri mempunyai investasi besar dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Pada rangkaian kegiatan ini secara formal kami buka dengan pergelaran upacara dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan yang tentunya bernuansa religius,” imbuhnya.

Selain menggelar upacara dan khotmil Quran, serangkaian peringatan HSN DPC PKB juga menggelar santunan anak yatim. Hal itu bertujuan agar PKB adalah simbol kepedulian terhadap umat, terutama yang membutuhkan uluran tangan.

PKB juga memposisikan diri sebagai partai peka terhadap keadaan, terlebih persoalan kesehatan masyarakat yang kurang stabil disebabkan wabah Covid-19, sehingga PKB dalam semarak HSN juga menggelar vaksinasi.

“Santunan anak yatim kami siapkan untuk 65 anak. Dengan adanya peringatan HSN tahun ini kami berharap santri hari ini harus mempunyai kepercayaan diri untuk lebih berkontribusi terhadap kesejahteraan bangsa,” paparnya.

Kiai Imam melanjutkan, pada momentum HSN tersebut, pihaknya juga mengagendakan pelaksanaan maulid nabi yang akan dilakukan bulan depan. Selain itu, dilanjutkan dengan acara tasyakuran terhadap dukungan pemerintah terhadap santri dan pondok pesantren yang akan diwarnai pemotongan tumpeng.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *