oleh

DPK Pamekasan Promosikan Paket Inovasi Halo Pemustaka

Kabarmadura.id/Pamekasan–Untuk tetap memberikan edukasi kepada peserta didik selama larangan sekolah tatap muka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Pamekasan, menyiapkan program Halo Pemustaka. Program itu merupakan layanan antar-jemput peminjaman buku gratis selama wabah Covid-19 bagi siswa sekolah dasar (SD) sederajat.

Untuk kali pertama, DPK bersama tim Halo Pemustaka menggandeng Bunda Baca Pamekasan Nayla Baddrut Tamam, mengenalkan program inovatif itu bersama  siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah I Sumber Anyar Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan.

Pantauan Kabar Madura, istri Bupati Pamekasan Baddrut Tamam tersebut tidak hanya mengenalkan program inovatif itu. Bunda Nayla juga ikut mengampanyekan gerakan literasi pada siswa SD untuk menjemput Pamekasan sebagai Kota Literasi, salah satunya dengan mendongeng untuk para siswa.

Kepala DPK Pamekasan Budi Ashari menuturkan, program berslogan Halo Pemustaka itu sebagai bentuk kepeduliannya terhadap siswa yang selama wabah Covid-19 tidak sekolah tatap muka. Dengan program itu, pihaknya berharap siswa bisa mengisi liburannya dengan hal-hal positif, salah satunya dengan membaca buku.

Jika selama diam di rumah para siswa tidak bisa ke perpustakaan sekolahnya, DPK datang membawakan buku bagi setiap siswa SD. Tidak hanya diantarkan buku, namun buku tersebut juga akan dijemput saat masa peminjaman habis. Semua itu dilakukan secara gratis.

“Di tengah keterhimpitan gerak, karena wabah, bukan merupakan hambatan bagi kami, dengan ikhtiar yang kokoh untuk mendongkrak minat baca menuju kabupaten literasi,” ujarnya, Senin (20/7/2020).

Sementara ini kata dia, wilayah pelayanan Halo Pemustaka mampu melayani radius pelayanan hingga 10 kilometer dari Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Pamekasan. Dengan dukungan semua pihak, Budi berharap bisa memperluas wilayah pelayanan Halo Pemustaka.

Setiap harinya, 50 buah buku disiapakan. Dengan dua armada perpustakaan keliling buku-buku itu diantar ke kediaman siswa yang bersangkutan. Setiap siswa yang hendak meminjam buku bisa menghubungi narahubung melalui WhatsApp.

“Pelayanan ini terbuka setiap Senin sampai Kamis. Pemesanan bisa dilakukan pada pukul 10.00-12.00 WIB. Bisa hubungi 0878-5995-5556,” ulasnya. (ali/pin/*)

 

 

 

Komentar

News Feed