DPKP Pamekasan: Anggaran Pengeboran Air 2,6 Miliar Difokuskan di 3 Desa​

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENGEBORAN: DPKP Fokuskan Rp2,6 untuk mengurangi kekurangan air di wilayah selatan Pamekasan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan mendapatkan dana alokasi khusus untuk pengeboran air. Anggaran sebesar Rp2,6 miliar itu hanya difokuskan kepada 3 desa. Program pengeboran air diharapkan menjadi solusi wilayah yang sering mengalami kekeringan atau krisis air bersih.

Menurut Kepala DPKP Pamekasan Muharram, pembangunan yang berupa infrastruktur pengeboran air dikhususkan untuk bisa mengurai berbagai kekeringan yang sering terjadi pada zona selatan. Sesuai catatan tahun ini anggarannya sebesar Rp2,6 miliar.

Bacaan Lainnya

“Jadi sesuai dengan harapan Bapak Bupati Baddrut Tamam, untuk mengantisipasi terhadap kekurangan air dimusim kemarau,” paparnya, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut, untuk pengeborannya akan dilakukan di 3 desa, yakni: Desa Terak, Manggar dan Bandaran. Adapun untuk progresnya masih tahap persiapan, namun dipastikannya akan terselesaikan pada tahun 2021.

“Kan untuk wilayah selatan ini agak sulit air, makanya dengan adanya program tersebut barangkali bisa maksimal, untuk memenuhi kebutuhan air,” ulasnya,

Ditegaskannya, jika pengeboran itu bisa menghasilkan sumber mata air, maka untuk penyalurannya, akan dikerjasamakan dengan perusahaan air minum daerah (PDAM). Sehingga pemenuhan airnya bisa mencukupi kebutuhan warga melalui tata kelola secara profesional.

“Untuk sebelumnya masih belum tersentuh dari DAK, program ini baru kami anggarkan, kami berkolaborasi, dengan teman-teman PDAM, bagaimana nantinya untuk pengelolaannya bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Adapun untuk jumlah warga yang akan menerima penyaluran air dari hasil pengeboran tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan dari debit air yang keluar, sehingga untuk sementara masih dalam proses analisa di lapangan.

“ Nanti akan disesuaikan dengan debit air yang ada,” tukasnya. (rul/mam)   ​

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *