oleh

DPKP Pamekasan Pastikan Program BSPS Tuntas Tahun Ini

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Direktorat Jenderal (Dirjen) Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal sebagai program bedah rumah.

Program tersebut turun ke daerah. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan sebagai leding sektor untuk perealisasiannya. Tujuannya, sebagai bantuan terhadap Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Hanya saja program tersebut belum terealisasi. Akan tetapi sudah proses pengajuan ke pemerintah pusat. Terutama mengenai masyarakat yang berhak menerima. Hal ini diungkapkan Kepala DPKP Pamekasan, Muharram melalui Kabid Perumahan dan Tata Bangunan, Didiek Ruswandi, Selasa (26/3).

“Saat ini masih belum terealisasi dan sekarang sudah proses. Insyaallah bulan depan sampai Akhir tahun nanti sudah tuntas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, verifikasi terhadap calon penerima BSPS tahun ini, akan dimulai Bulan April. Sedangkan proses realisasi pencairan hingga penyediaan material untuk rehabnya sendiri, sekitar bulan Mei sampai bulan Desember 2019.

“Semoga terlaksana semua. Karena, di daerah pedesaan selama ini masih belum tersentuh bantuan tersebut,” jelasnya.

Didiek, menegaskan rumah yang diajukan sebanyak 416. Mayoritas di daerah Pantura. Meliputi Kecamatan Waru, Batu Marmar serta rumah yang berada di Kecamatan Pasean.    “Masing_Masing Rumah mendapatkan Rp16.500.000. diambil dari APBN,”  tegasnya.

Lebih lanjut Didiek menjelaskan, bentuk program BSPS berupa peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru. Dengan memantau kualitas atap, lantai dan dinding rumah untuk dapat memenuhi syarat kelayakan, keselamatan dan kenyamanan.

“Untuk mekanisme pencairannya dana langsung ditransfer terhadap masyarakat. Hanya saja mereka tidak bisa mengambil sendiri uangnya. Masyarakat harus transfer ke toko bangunan jika barangnya sudah lengkap,” tukasnya. (km45/ito)

Komentar

News Feed