oleh

DPMD Bangkalan: Sisa Anggaran Wajib Dialokasikan untuk BLT

KABARMADUA.ID, Bangkalan – Memasuki akhir tahun dana desa (DD) tahap III mulai dilakukan pencairan. Anggaran yang tinggal 20 persen itu untuk setiap desa tersebut tetap diprioritaskan untuk bantuan langsung tunai (BLT). Mengingat masih banyak sejumlah desa yang belum merealisasikan DD tahap II makan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan memperpanjang waktu hingga bulan Desember mendatang.

Kepala DPMD Bangkalan Ahmad Ahadiyan Hamid menerangkan, bantuan untuk warga terdampak wabah Covid-19 itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa melalui musyawarah. Jika DD tahap III sudah terpenuhi, katanya, jika ada sisa anggaran wajib dialokasikan untuk BLT.

“Dana tersisa 20 persen, sehingga penerimanya akan ditentukan oleh masing-masing desa dan harus dilakukan bersama-sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, banyak desa yang mengeluhkan adanya perpanjangan tersebut. Sebab, dengan sisa anggaran 20 persen tak mungkin bisa mengakomodir seluruh penerima yang terdaftar sejak awal.

Namun, lelaki yang kerap disapa Dhiet ini mengungkapkan, penerima bisa dikurangi dari jumlah penerima awal. Sedangkan, untuk nominalnya sendiri, dia mengungkapkan, pada setiap penerima tidak boleh dikurangi agar bisa mencangkup seluruh data peneriman awal.

“Setiap desa perlu menerapkan skala prioritas, yang lebih kurang mampu harus didahulukan supaya bisa tepat sasaran,” imbuhnya.

Dia menerangkan, sedangkan anggaran DD dana digunakan untuk pembangunan di masing-masing desa, bisa menggunakan DD pada tahap II. Karena dalam persentasinya, DD tahap dua pencairan tahap I 40 persen, tahap II juga 40 persen dan tahap III sebanyak 20 persen.

“DD tahap dua, bisa digunakan untuk kepentingan desa sesuai kesepakatan atau melalui musyawarah,” tandasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed