DPMD Dorong Desa Tertib Administrasi

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Guna mewujudkan dan mendorong terciptanya tertib administrasi di tingkat desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang terus menggencarkan pembinaan dan monitoring administrasi desa secara rutin. Kegiatan dimaksud terjadwal selama 14 hari dan dimulai dari Kecamatan Karangpenang.

Adapun tujuan kegiatan dimaksud, agar pemerintah desa bisa melakukan proses pencatatan secara tertib dan benar. Semisal registrasi surat masuk dan keluar, serta pencatatan pengelolaan keuangan desa dan pembangunan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih program yang didanai dari keuangan desa, Kabupaten dan Pemerintah pusat.

Disamping itu, pemerintah desa juga ditekankan agar melakukan pencatatan aset desa secara rinci dan detail, dengan begitu keberadaan aset desa bisa terpantau melalui tertib administrasi.

Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Sampang Suhanto menjelaskan, mayoritas desa di kota Bahari belum mampu melaksanakan pencatatan administrasi desa dengan baik dan benar, untuk itu aparat desa harus didorong melalui tertib administrasi dan pembinaan secara langsung.

”Seluruh aktifitas pemerintahan desa harus ditopang dengan tertib administrasi desa yang lebih baik lagi. Maka pembinaan langsung harus dilakukan,” tutur Suhanto kepada Kabar Madura. Selasa (4/9).

Menurut Suhanto, semua kepala desa (Kades) sudah saatnya memaksimalkan fungsi perangkat desa dalam melakukan pencatatan semua kegiatan, baik yang berupa pemerintahan, keuangan dan pembanguan. Sehingga pihaknya berharap semua program dan kegiatan dapat tercatat dengan tertib.

”Administarasi desa yang tertib, menunjukkan desa tersebut sudah mengalami kemajuan yang pesat, dan patut menjadi percontohan bagi desa-desa yang lain,” ungkap Suhanto.

Sementara itu, Kades Karangpenang Onjur, Kecamatan Karangpenang, Moh. Ridoi mengaku sangat berkesan dan mendukung penuh atas pembinaan tertib admisnistrasi yang dilakukan DPMD Sampang. Bahkan pihaknya meminta pembinaan tersebut terus dilakukan secara langsung dengan pertimbangan agar lebih mengena kepada semua perangkat desa.

”Prinsipnya, kami sangat mengapresiasi pembinaan dari DPMD ini. Kami sangat berkeingian desa ini lebih maju, utamanya bisa mewujudkan tertib administrasi desa yang lebih baik,” singkatnya. (sub/sam/km)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *