DPMD Minta Panitia Objektif dan Minimalisir Potensi Konflik Pilkades

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep mengakui persaingan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak akan berlangsung dengan ketat. Untuk itu, ia meminta agar seluruh panitia menjalankan tahapan pilkades serentak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kepala Dinas DPMD M Ramli meminta  agar seluruh panitia pilkades bisa meminimalisir terjadinya konflik. Mengingat, pilkades merupakan salah satu ajang kompetisi yang mudah menyulut konflik di akar rumput karena ketatnya persaingan antarcalon.

Ia mencontohkan, sudah ada wacana untuk mendiskualifikasi calon lain dengan memanfaatkan sistem skoring. Terkait hal ini, panitia harus bersikap objektif dan berpedoman pada aturan yang berlaku.

“Intinya panitia harus siap. Karena masalah itu panitia tidak bisa mengakali. Masyarakat termasuk calon bisa mengkalkulasi berapa nilai dirinya, baik itu dari ijazahnya maupun yang lainnya,” katanya.

Ramli juga mempersilakan agar masyarakat berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi cakades, karena hal itu sah-sah saja. Namun ketika penetapan nanti, panitia hanya memilih 5 kandidat yang lolos seleksi.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Pilkades Aeng Panas Imam Sutaji menyampaikan, di desanya, cakades yang mendaftar sudah lebih dari lima kandidat. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan akan berupaya agar tetap objektif.

“Kami akan melakukan rapat dengan teman-teman panitia, dalam rangka penjaringan calon ini. Karena kami pasti sesuai prosedur,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *