DPMD Pamekasan Belum Beri Tindakan Tegas

  • Whatsapp
KM KHOYRUL UMAM SYARIF SERIUS: Salah satu panitia pemilihan kepala desa sudah menetapkan calon kepala desanya.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, belum mengambil tindakan tegas terhadap lambannya panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Lesong Daya, Kecamatan Batumarmar, yang sampai saat ini belum membuka pendaftaran calon kades di wilayah setempat.

Padahal, puluhan desa lain yang dijadwalkan mengikuti pilkades serentak pada 11 September mendatang, sudah melakukan tahapan pendaftaran, bahkan ada sebagian yang sudah menetapkan cakades yang akan mengikuti konstestasi politik di tingkat desa tersebut.

Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol menyampaikan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi di tingkat kabupaten, guna membahas penyelasaian dari beberapa masalah yang timbul pada tahapan pilkades serentak, termasuk persoalan kepanitiaan pilkades Lesong Daya yang sampai saat ini belum melakukan tahapan pendaftaran.

Namun dijelaskannya, dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh DPMD tersebut, belum menyentuh pada rumusan berbentuk kebijakan yang akan diterapkan pada pelaksanaan pilkades di Lesong Daya.

“Keputusan masih belum ada, kita masih mengumpulkan data-data dan pandangan semua pihak, bagaimana kelanjutannya, mohon ditunggu dulu,” paparnya, Kamis (1/8).

Ditambahkan oleh Faisol, pihaknya tidak mau gegabah dalam mengambil kebijakan, terutama persoalan yang timbul sifatnya langsung bersertuhan pada masyarakat. Oleh karenanya, pihaknya masih akan melakukan kajian, sebelum mengeluarkan kebijakan.

“Tidak gampang mengambil keputusan, kita kapasitasnya juga sebagai pelaksana yang harus berpegang pada regulasi untuk mengambil kebijakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ismail mengatakan, panitia tingkat kabupaten harus proaktif dalam setiap persoalan yang dihadapi pada pelaksanaan tahapan pilkades serentak

Meski tahapan pendaftaran cakades tidak diharuskan dilakukan secara bersamaan, namun panitia pilkades harus memperhatikan rentang waktu dalam melaksanakan setiap tahapan pilkades. Oleh karenanya, dirinya meminta agar satu desa yang saat ini masih belum melakukan pendaftaran cakades, untuk segera melakukan tahapan pendaftaran cakades.

Sebab jika dibiarkan tanpa arahan, pihaknya khawatir pelaksanaan Pilkades Lesong Daya, Kecamatan Batumarmar akan melenceng dari jadawal pilkades serentak yang sudah ditetapkan bersama.

“Kami inginkan persoalan ini cepat terselesaikan, sehingga pilkades serentak ini berjalan dengan damai dan lancar,” tukasnya. (rul/pin)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *