DPMD Pamekasan Pastikan Anggaran untuk Pemenang Lomba Desa Tematik Tuntas Tahun Ini

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Pemdes Kertagenah Daya for KM.) AKAN DITUNTASKAN TAHUN INI: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan sudah memproses pencairan anggaran untuk pemenang lomba Desa Tematik sebanyak 60 persen.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan memastikan penghargaan untuk lima pemenang lomba desa tematik diberikan tahun ini. Bahkan, kelima desa tersebut telah memproses sebanyak 60 persen dari total anggaran yang disediakan untuk para pemenang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Ach. Faisol, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kerja Sama Desa, Anang Suheko menyampaikan, program Desa Tematik menjadi salah satu program unggulan Pemkab untuk pengembangan dan pemerataan ekonomi di desa-desa.

Bacaan Lainnya

“Proses pengajuan tahap pertama sudah semua. Jadi tahap pertama 60 persen, yaitu Rp120 juta,” paparnya, Kamis (12/11/2021).

Anang menjelaskan, setiap desa akan menerima Rp200 juta. Jadi total anggaran yang disediakan untuk seluruh pemenang sebesar Rp1 miliar. Adapun kelima desa pemenang lomba Desa Tematik yaitu; Desa Kertagena Dajah Kecamatan Kadur, Desa Gagah Kecamatan Kadur, Desa Bunder Kecamatan Pademawu, Desa Palengaan Laok Kecamatan Palengaan, dan Desa Samatan Kecamatan Proppo.

“Dipastikan untuk pengerjaannya akan tuntas tahun 2021. Diharapkan bagi desa yang lain yang belum mengikuti lomba desa tematik, mohon untuk segera disiapkan pada tahun 2022,” urainya.

Sementara itu, Kepala Desa Kertagenah Daya Pamekasan Zainani menyampaikan, dengan ditetapkan sebagai salah satu pemenang desa tematik, menjadi tambah semangat dalam memajukan desa,  khususnya di bidang wisata dan dalam pengelolaan badan usaha milik desa (Bumdes) bertambah maju dan berkembang, dan diyakininya  Wisata Bukit Kehi bisa menjadi destinasi wisata yang bisa mengharumkan nama baik Pamekasan.

Alhamdulillah, kami senang sekali, merupakan suatu kehormatan bagi kami dan kebanggaan bagi Pemdes Kertagena Daya, sebab desa kami tembus 5 besar desa tematik,” ujarnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *