DPMD Sampang: Bantuan Jatim Puspa untuk 8 Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) BANTUAN: 8 Desa dipilih mendapat bantuan Jatim Puspa. Bantuan tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

KABARMADURA.ID, SAMPANG –Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, terdapat 8 desa yang akan mendapatkan bantuan Jawa Timur Pemberdayaan Pusat Perempuan (Jatim Puspa). Bantuan tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Kasi Pemberdayaan Lembaga dan Usaha Ekonomi DPMD Sampang Jufri menuturkan, dalam menjalankan atau mendistribusikan program Jatim Puspa tersebut langsung ditangani oleh pemprov. Adapun DPMD hanya fasilitator, sehingga data-data penerima bantuan atas persetujuan dari pemprov.

Bacaan Lainnya

“Kami hanya menyambung saja, yakni memfasilitasi, jadi untuk data penerimanya tidak tahu,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Dikatakannya, untuk data penerima tersebut pemerintah provinsi berdasarkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang notabene banyak masyarakat yang kurang mampu, terlebih dengan adanya wabah Covid-19 ini. Diakuinya, bantuan untuk pemberdayaan perempuan itu di Sampang hanya ada 8 desa. Untuk nominal yang akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rp2,5 juta.

“Lebih menekankan kepada pemberdayaan perempuan,” jelasnya.

Bantuan tersebut tidak diberikan berupa uang tetapi diberikan berupa barang. Sebab tujuan dari bantuan itu untuk pengembangan usaha atau pemberdayaan masyarakat. Adapun jenis barangnya disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Selain itu kategori yang menerima bantuan itu untuk masyarakat yang memiliki usaha.

“Bantuan ini berupa barang, karena kalau uang itu untuk konsumsi bukan pengembangan usaha,” katanya.

Kata Jufri, mekanisme dalam pencairan bantuan itu tidak masuk pada dinasnya, sebab uang yang akan diterima oleh KPM tersebut langsung masuk ke desa. Adapun jumlah dana yang akan diterima oleh masing-masing desa jelas akan berbeda.

“Yang mendapatkan ada 8 desa. Desa Gunung Eleh, Desa Rabesen, Banyukapah Komis, untuk yang empat desa di Kecamatan Sampang,” pungkasnya. (mal/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *