DPMD Sampang: Pilkades Serentak Tunggu Revisi Perda

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MENUNGGU: Sejumlah jabatan kepala desa segera selesai, menunggu regulasi baru menuju pilkades serentak.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Sampang belum ada kejelasan. Sampai saat ini regulasi belum tuntas dibahas di internal eksekutif.

Informasi yang dihimpun Kabar Madura, pilkades serentak dipastikan tidak digelar tahun ini. Padahal beberapa jabatan kepala desa sudah berakhir. Sehingga dipastikan banyak desa yang harus dijabat pelaksana tugas.

Bacaan Lainnya

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Sampang Suhanto, saat dikonfirmasi mengatakan pilkades dipastikan molor. Sebab pembahasan regulasi belum tuntas. Sehingga, perlu penyempurnaan beberapa poin. “Masih dalam proses pembahasan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, petunjuk Bupati Sampang Slamet Junaidi Pilkades akan digelar akhir tahun 2021. Sehingga, ada persiapan regulasi yang lebih baik. Sebab jika tidak ada perbaikan maka diprediksikan banyak terjadi konflik. Seperti pilkades sebelumnya.

Dijelaskan, regulasi Peraturan Bupati (Perbup) Pilkades Nomor 31 tahun 2019 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa, terus digodok. Setiap poin yang berdampak konflik diatur ulang. Sehingga, dari sisi aturan, perselisihan pilkades bisa diminimalisir.

Diakuinya, jika pembahasan itu tidak singkat. Sebab melibatkan banyak pihak. Diantaranya,  bagian hukum Pemkab Sampang dan sejumlah pihak terkait lainnya. Sehingga, dalam beberapa bulan terakhir pembahasan belum selesai.

Data yang berhasil dihimpun Kabar Madura, kontestasi politik desa yang akan datang tidak sedikit. Sebab, sebanyak 111 desa yang akan merebutkan kursi jabatan kepala desa. Selain butuh regulasi yang bagus, perlu persiapan pengamanan yang ekstra.

“Nanti banyak desa yang akan melangsungkan pemilihan. Kalau regulasi kita tidak diperbaiki maka akan rawan. Sebab pengamananpun harus lebih ekstra,” imbuh Suhanto. (man/mam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *