DPMD Sampang: Realisasi DD-ADD Tunggu Perdes

(FOTO: KM / FATHOR RAHMAN) MENUNGGU: Anggaran DD dan DD masih menunggu Perdes APBDes rampung.

KABARMADURA.ID | SAMPANG Realisasi anggaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) di Kabupaten Sampang masih menunggu rampungnya peraturan desa (Perdes) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Ekonomi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Taufik.

Hingga pertengahan bulan Februari, DD dan ADD masih belum bisa difungsikan, karena adanya perbedaan prosedur penggunaannya dari tahun sebelumnya. Sehingga untuk sementara anggaran tersebut masih mandek.

“Saat ini kami masih menunggu Perdes APBDes karena memang belum rampung karena memang prosesnya tidak sama dengan tahun lalu,” ujarnya, Senin (14/2/2022).

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, penyebab lambatnya realisasi anggaran itu karena masih menunggu hasil analisa kelayakan pengerjaan. “Untuk pembahasan analisa kelayakan pengerjaan akan dibahas Selasa besok (hari ini.red) untuk menyesuaikan pekerjaan antara desa dengan kabupaten,” imbuh Taufik.

Proses analisa kelayakan pengerjaan itu akan melibatkan berbagai pihak, di antaranya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), Inspektorat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BP2KAD).

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Pembangunan Desa DPMD Sampang Rudy Susanto menyebutkan, pagu DD dan ADD mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Penurunan itu telah sesuai dengan perhitungan pemerintah pusat.

“Untuk pagu ADD tahun 2022 itu sebesar Rp87.761.730.000, sementara DD Rp227.571.894.000. Jadi totalnya Rp315.333.624.000,” tandasnya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.