DPMD Sampang Tegaskan Jika Bantuan Jatim Puspa Berupa Barang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) PROGRAM: Distribusikan bantuan ke masyarakat yang memiliki usaha, dengan potongan pajak yang tidak ditentukan.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, mengingatkan kepada pihak penerima  bantuan Jawa Timur Pemberdayaan Pusat Perempuan (Jatim Puspa). Bantuan tersebut diperuntukan kepada masyarakat yang memiliki usaha, serta bantuan itu langsung berupa barang.

Kasi Pemberdayaan Lembaga dan Usaha Ekonomi DPMD Sampang Jufri menuturkan, bantuan Jatim Puspa yang diperuntukan untuk masyarakat yang memiliki usaha, bantuan diberikan berupa barang. Bantuan tersebut hanya tersebar di 8 desa. Diakuinya jika dinasnya hanya sebatas fasilitator tanpa memiliki kewenangan dalam mengajukan dan menentukan desa yang layak menerima program tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ada 8 desa untuk penerima bantan, dan penerima ditentukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya, Rabu (25/11/2020).

Selain itu, jumlah bantuan yang diberikan kepada masyarakat, masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) besaran nominalnya Rp2,5 juta, tetapi bantuan itu diberikan berupa barang.

Adapun pendistribusiannya, yang jelas tidak akan utuh Rp2,5 juta untuk diberikan ke KPM. Sebab, masih dipotong pajak. Adapun pemotongan pajak terjadi pada semua pembelian barang, seperti talaze, sembako atau alat lainnya.

“Dari semua janis bahan yang dibeli ada biaya pajak, dan itu tidak sama karena tergantung harga,” imbuhnya.

Kendati demikian, Jufri menuturkan, anggaran dari program tersebut sama sekali tidak masuk ke dinasnya. Akan tetapi langsung masuk ke rekening desa. Dan dana yang akan diterima oleh masing-masing desa tidak akan sama, menyesuaikan dengan jumlah penerima.

“Yang mendapatkan ada 8 desa. Desa Gunung Eleh, Desa Rabesan, Banyukapah, Komis, untuk yang empatnya di Kecamatan Sampang, dan yang terlibat dalam bantuan ini ada tiga pendamping, yang SK-nya langsung dari gubernur,” pungkasnya. (mal/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *