DPMD Sampang: Tujuh Jabatan Kades Dijabat Pj

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN)

KABARMADURA.ID, Sampang –Jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun 2021 di Kabupaten Sampang terdapat tujuh jabatan kursi kepala desa (kades) yang sudah diisi dengan jabatan penanggung jawab (Pj). Sementara berdasarkan catatan bahwa desa yang akan melaksanakan Pilkades sekitar 111 desa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Suhanto menuturkan, pada tahun 2020 ini ada tujuh desa yang diisi dengan Pj. Tujuh desa tersebut antaranya Desa Jatra Timur Kecamatan Banyuates, Desa Banjar Tabulu Kecamatan Camplong, dan Desa Batu Poro Timur Kecamatan Kedungdung, Desa Sawa Tengah Kecamatan Robatal, dan Desa Jrengik Kecamatan Jrengik, Desa Keramat dan Desa Banjar Kecamatan Kedungdung.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaanya belum dipastikan sebab masih membahas perda dan regulasi lainnya, yang jelas tahun 2021 ini. Dan desa yang diisi Pj sekarang sudah ada tujuh, sebagian penyebabnya karena kepala desanya meninggal,” jelasnya, Senin (16/11/2020).

Dikatakan Suhanto, adapun pembahasan revisi regulasi pilkades untuk meminimalisir terjadinya kericuhan saat pelaksanaan. Sehingga saat ini tercatat dua regulasi yang sudah menemui titik terang dan akan dilakukan perubahan. Diantaranya  penetapan tempat pemungutan suara (TPS) dan surat undangan pemilihan.

“Perubahan ini atas dasar acuan tahun sebelumnya yang sering terjadi gejolak. Jadi hasil dari perubahan ini sebelum calon ditetapkan sudah ada penetapan dari TPS dan itu dilakukan oleh (P2KD) selaku panitia pilkades, tapi harus ada restu dari camat,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, pembahasan Peraturan Bupati Nomor 45 tahun 2019 tentang Pedoman Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, akan terus dilakukan. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya gejolak saat pilkades serentak tahun depan.

“Sebelumnya kan harus ada stempel dari masing-masing calon, tapi kalau tahun depan ini cukup panitia saja, karena kalau dilakukan oleh calon rawan. Adapun untuk pemilihan ini kalau bukan Oktober bulan November 2021, karena sampai saat ini kami terus membahas regulasi dan perubahan perbup,” pungkasnya. (mal/mam)

Nama-nama desa yang akan gelar pilkades 2021.

  1. Kecamatan Pangarengan 1 desa
  2. Kecamatan Torjun 8 desa
  3. Kecamatan Sampang 7 desa
  4. Kecamatan Camplong 9 desa
  5. Kecamatan Omben 11 desa
  6. Kecamatan Kedungdung 14 Desa
  7. Kecamatan Jrengik 10 Desa
  8. Kecamatan Tambelangan 4 Desa
  9. Kecamatan Banyuates 13 Desa
  10. Kecamatan Karang Penang 4 Desa
  11. Kecamatan Sokobanah 10 Desa
  12. Kecamatan Ketapang 4 Desa
  13. Kecamatan Sreseh 8 Desa
  14. Kecamatan Robatal 8 Desa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *