DPMD Sosialisasi Pilkades Serentak

  • Whatsapp
KM/Moh Tamimi Khidmat: Suasana sosialisasi Pilkades Serentak di Gedung SKB Batuan Rabu (26/6).

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep mensosialisasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batuan Rabu (26/6). Sosialisasi ditujukan kepada badan permusyawaratan desa (BPD) dan para kepala desa (kades) atau pj kades.

Sosialisasi ini dilakukan secara bertahap, tiga hari secara berturut-turut, Senin (24/6), Selasa (26/6), dan Rabu (26/6), dari 226 desa di Sumenep yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak.

“Secara teknis, khususnya, kita mensosialisasikan Peraturan Bupati Sumenep Nomor 27 Tahun 2019 tentang Juknis (petunjuk teknis, red) Pilkades. Artinya, BPD sudah sesuai kewenangannya untuk segera membentuk panitia,” ungkap Kepala DPMD Sumenep Moh Ramli, Rabu (26/6).

Ramli berharap agar BPD segera membentuk panitia pilkades sesuai dengan perbup yaitu berasal dari perangkat desa, lembaga kemasyarakatan, dan tokoh masyarakat, sehingga semua elemen bisa terwakili dengan baik.

Saat ini, Ramli menambahkan, masih ada 50 desa yang sudah membentuk panitia. Ia menargetkan bulan Juni ini sudah terbentuk panitia pilkades serentak di desa-desa yang akan ikut kompetisi dalam pemilihan tersebut. Nantinya, setelah panitia terbentuk, akan diadakan pembekalan kepada para panitia terkait tata cara pelaksanaan pilkades serentak. Stelah itu baru kemudian bisa membuka pendaftaran kepala desa.

Lebih jauh, Kepala DPMD tersebut menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pilkades serentak yang akan dihelat pada tanggal 7 dan 11 November tersebut. Ia menyampaikan, apabila ada hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada petugas setempat, baik di desa, kecamatan, maupun kabupaten. (mad/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *