DPMD Sumenep Rekomendasikan Pelaksanaan PAW di  Delapan Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) MASIH DIJABAT PJ: Sejumlah desa di Sumenep akan menyelenggarakan pelaksanaan pemilihan antar-waktu (PAW).

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Beberapa desa di Sumenep masih dijabat oleh Penjabat (Pj). Salah satu yang menjadi penyebabnya yaitu kepala desa (kades) meninggal dunia. Sehingga harus dilaksanakan pemilihan antar-waktu (PAW) yang saat ini sudah diperbolehkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep M Ramli mengatakan, meski dijabat Pj, mekanisme pemerintahan desa tidak berkurang. Sebab menurutnya, Pj kades memiliki hak kuasa yang sama dengan kades.

Namun, untuk memiliki otoritas yang lebih dalam membangun desa, perlu dilaksanakan PAW melalui perwakilan dari masing-masing dusun dengan skala massa lebih sedikit.

“Karena Pj pada dasarnya secara prosedur memang sudah berdasarkan rekomendasi dari bupati dan wajib dari pegawai negeri sipil (PNS), sehingga secara kemampuan juga punya,” kata Ramli.

Selain itu, Ramli menyeburkan, dari 86 desa peserta Pilkades 20201 yang diisi PJ, dua desa: Desa Lombang dan Desa Batu Ampar akan melaksanakan PAW. Selain itu, enam desa lainnya yang juga akan menyelenggarakan PAW yaitu Desa Rosong, Desa Prenduan, Desa Kapedi, Desa Gunung Kembar, Desa Kasengan, dan Desa Karamean. Anggaran PAW sendiri diambil dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) masing-masing desa.

“Pada dasarnya, proses pemerintahan di desa tetap berjalan, kecuali nanti ada keluhan maupun laporan dari masyarakat bahwa Pj kurang atau tidak bisa diandalkan, maka bisa diganti,” paparnya.

Sementara itu, Surat Keputusan (SK) Pj hanya berlaku selama enam bulan kerja. SK tersebut bisa diperpanjang jika pelaksanaan pilkades belum ada kepastian.

“Seperti dua desa yang gagal melaksanakan pilkades, harus menunggu pemilihan di tahun atau periode  selanjutnya, namun SK Pj tetap 6 bulan dulu,” ungkapnya.

Reporter:  Moh. Razin

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *