oleh

DPMD Sumenep Turut Aktif dalam Pengaluran BLT DD di Pedesaan

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Sumenep telah dimulai. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep sangat aktif dalam penyaluran bantuan yang dilakukan kepala desa tersebut.

Kepala DPMD Sumenep Moh. Ramli menyampaikan, BLT merupakan amanat prioritas penggunaan dana desa yang sudah diatur secara khusus dalam rangka kesejahteraan masyarakat desa. Bantuan diberikan sebanyak Rp300 ribu setiap keluarga untuk kurun waktu 12 bulan.

“Penyaluran BLT DD tersebut meruapakan penyuluran perdana, khususnya di Madura,” katanya, Senin (15/3/2021).

Sasarannya sesuai kreteria yang ada,yakni masyarakat atau keluarga miskin yang disepakati dalam forum musyawarah desa.

“Keputusan tertinggi ada pada pihak desa. Harapannya, agar tidak tumpang tindih terhadap bantuan lainnya,” ucapnya.

Acara yang berlangsung merupakan launching atau kegiatan perdana penyaluran BLT-Desa.Lokasinya di Desa Pinggirpapas Kecamatan Kalianget.

Dari 245 desa yang sudah memenuhi syarat, sabanyak 152 desa sudah dapat menysalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).152 desa itubisa mencairkan BLT-Desa, karena anggarannya sudah masuk rekening kas desa.

Kepala Desa Pinggirpapas Abdul Hayat sangat banggalantaran kegiatan itu dihelat didesanya. Menurutnya, dengan dilaunching BLT DD, dapat diikuti pada penyaluran di desa yang lainnya.

“Ini merupakan kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep,” tegasnya.

DiDesa Pinggirpapas, total anggaran yang disalurkan untuk BLT-DD sebanyak Rp72 juta. Harapannya, semua warga dapat merasakan BLT DD. Sehingga, dapat meringankan beban ekonomi bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Terimakasih atas pemkab yang bersedia untuk melaksanakan launching di Desa Pinggirpapas ini,” ucap Hayat. (imd/waw)

 

 

Komentar

News Feed