DPMPTSP Naker Pastikan PMI yang Tiba di Pamekasan Aman dari Covid-19

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) KEDATANGAN: Belum ditemukan Pekerja Migran Indonesia yang terinfeksi Covid-19.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan memastikan kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Pamekasan, steril dari Covid-19. Terhitung, dari 30 April hingga 8 Juni 2021, dari 13 kecamatan, Batumarmar mendominasi dengan jumlah total 269 orang.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan Supriyanto, total kedatangan secara keseluruhan berkisar 954 orang. Pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Bumi Gerbanbg Salam. Selain itu, ia belum bisa  memprediksi jumlah PMI yang akan pulang ke Pamekasan untuk waktu ke depan.

Bacaan Lainnya

“Jadi untuk prediksi yang akan datang kami tidak mengetahui, karena kewenangan kami itu hanya pada penjemputan,” paparnya, Minggu (13/6/2021).

Dijelaskannya, selain Batumarmar, Kecamatan Pegantenan berada di peringkat kedua dengan jumlah 224 orang, dan menyusul di urutan ketiga yaitu Kecamatan Waru dengan jumlah 125 orang.

“Ada yang datang dari Malaysia, Singapura, dan Brunei. Alasan mereka pulang mungkin di tempat mereka bekerja, Covid-19 sudah meningkat,” ulas Supriyanto.

Sementara itu, menurutnya, dari total kedatangan PMI, tidak ada satupun yang terkonfirmasi Covid-19 varian baru, sebab sebelum dipulangkan dari Surabaya, tempat karantina pertama, mereka dites terlebih dahulu. Jika sudah dinyatakan negatif Covid-19, akan dipulangkan, jika positif Covid-19 akan dilanjut karantina di Surabaya.

Sementara itu, setibanya di Pamekasan masih dilakukan karantina selama 2 hari, jika setelah di swab test dinyatakan tidak terkonfirmasi Covid-19, dibolehkan pulang. Namun, jika positif Covid-19, maka akan diisolasi di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Slamet Martodirdjo Pamekasan.

“Tidak ada yang terkonfirmasi varian baru Covid-19 dari PMI yang datang,” tutur Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan dr. Ahmad Marsuki. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *