DPRD Bangkalan Peringatkan PT GSM Perhatikan Warga Setempat

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MENJELASKAN: Kepala DPMTSP Bangkalan Ainul Ghufron saat memberikan keterangan di kantor DPRD Bangkalan terkait PT GSM, Selasa (2/2/2021).

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Komisi A DPRD Bangkalan memintaPT. Galangan Samudera Madura (GSM) ikut memberdayakan masyarakat. Utamanya warga desa yang berada di sekitar lokasi beroperasinya perusahaan galangan kapal tersebut.

PT GSM yang beroperasi di Desa Sembilangan, Kecamatan Bangkalan itu, menjadi sorotan sejumlah pihak, lantaran diduga kurang memperhatikan kebutuhan warga dan terkesan merusak jalan.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Bangkalan H. Mujiburahman dalam rapat bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Bangkalan, Selasa (2/1/2021).

Rapat itu melibatkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan selaku pemberi izin dan Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah (perda).

“Saya ingin keberadaan PT. GSM dapat tingkatkan padat karya tunai (PKT), agar ada timbal balik kepada masyarakat,” mintanya.

Namun pria dengan sapaan Abah Mujib ini juga mengakui, keberadaan galangan kapal itu juga memberikan dampak baik terhadap ekonomi kemaritiman di Bangkalan.

“Makanya kami mendukung berdirinya galangan kapal, tapi harus ada timbal balik kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Namun dia juga berharap, infrastruktur jalan yang sering dilintasi truk menuju PT. GSM juga diperhatikan. Karena lantaran padatnya aktivitas truk yang melintas, jalan menuju Desa Sembilangan rusak parah.

“Peningkatan jalan yang rusak sambil lalu diperbaiki, agar tidak semakin parah,” katanya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi seusai pertemuan,Kepala Satpol PP Bangkalan, Irman Gunadi berharap pemanggilan tersebut dapat diagendakan kembali, namun dengan menghadirkan PT GSM.

Irman ingin, dengan ada perwakilan PT GSM, persoalan yang mencuat terkait izin administrasi dan padat karya bisa lekas terselesaikan.

“Jika kita duduk bersama maka nanti kita bisa tahu akar permasalahannya ada di mana,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Bangkalan Ainul Ghufron menyampaikan, pembangunan galangan kapal oleh PT. GSM merupakan langkah yang baik untuk perkembangan ekonomi di Bangkalan, khususnya dalam sektor kemaritiman.

“Syarat menjadi kabupaten kemaritiman harus memiliki lims pelabuhan kapal, jika GSM bisa berjalan, maka kita akan memenuhi syarat,” katanya.

Persoalan infrastruktur dan padat karya, Ainul menyampaikan, pihak PT. GSM sudah memperhatikan hal tersebut. Misalnya memperkerjakan warga setempat dan perbaikam jalan.

“Puluhan orang yang sudah bekerja di PT GSM, CSR juga sudah dan perbaikan jalan juga berlanjut,” pungkasnya. (KM59/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *