oleh

DPRD Bangkalan: Politik Uang, Cakades Harus Sadar Perda!

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Sebanyak 120 desa di Bangkalan akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Mei mendatang. Dalam pelaksanaan itu, akan diikuti 412 calon kepala desa (Cakades).

Cakades diminta agar bersaing secara demokratis. Sebab, ada regulasi yang mengatur tentang sanksi bagi cakades yang menggunakan politik uang dalam pelaksanaannya. Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Ha’i mengatakan, agar tidak terjadi hal, itu dia telah mencantumkan larangan tersebut dalam peraturan daerah (Perda).

Katanya, hal itu agar mempertegas ada sanksi yang menanti sepanjang itu terbukti.

“Jika memang ada cakades yang melakukan itu, konsekuensinya harus didiskualifikasi,” tegasnya, Senin (8/3/2021).

Lanjut dia, regulasi ini tentunya harus diatur dan mengikat dalam peraturan bupati (Perbup). Menurutnya, politik uang yang ada dalam Pilkades seperti kentut; nyaring terdengar, namun sulit diketahui.

“Saya kira, untuk membuktikannya memang sulit. Seperti Pilkada, juga jelas-jelas itu terjadi. Tapi sejauh ini tidak ada tindak lanjut,” terangnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, dia meminta, agar ada koordinasi dengan aparat penegak hukum dengan panitia pelaksana. Itu agar bisa mengawasi secara ketat. Dia juga berharap, agar semua cakades bisa mengikuti secara demokratis.

“Sebab prinsipnya kan sama seperti pemilu. Jadi jangan sampai menodai pagelaran itu. Sehingga, nanti cakades bisa menjadi pemimpin yang berkualitas dan mampu membangun desa,” pesannya. (ina/nam)

Komentar

News Feed