DPRD Bentuk 5 Pansus, Kebut Raperda BUMD

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Sumenep-Lima panitia khusus (pansus) akan segera menyelesaiakan rancangan peraturan daerah (Raperda) mengenai badan usaha milik daerah (BUMD). Raperda BUMD yang dimaksud yakni, raperda tentang PT. Sumekar, raperda tentang PT Wira Usaha Sumekar (WUS), raperda mengenai Perusahaan Daerah Air mMinum (PDAM), raperda Perusahaan Umum Sumekar dan perda tentang penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Sumenep kepada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar.

Ketua Pansus V DPRD Sumenep Moh. Subaidi mengatakan, raperda mengenai BUMD saat ini sudah mulai dibahas dan saat ini dalam tahap pengumpulan referensi-referensi. Harapannya, hal tersebut  dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Sumenep, misalnya dalam pemberian kredit tanpa bunga, pemberian kredit di bawah bunga KUR, dan kredit yang maksimal yang setara dengan KUR.

Bacaan Lainnya

“Kami Ketua Pansus V akan segera menyelesaikan pembahasan perda BUMD,” katanya, Rabu (26/2/2020)

Dijelaskan, Raperda BUMD nantinya akan menjadi payung hukum dalam setiap BUMD yang ada di Sumenep.

“Akhir februari hingga awal Maret akan segera selesai,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Pansus I DPRD Sumenep Nurus Salam. Raperda mengenai BUMD harus segera terbahas. Sebab, di samping ada landasan hukum juga dapat bermanfaat pada masyarakat.

Sejauh ini pansus memang membutuhkan beberapa referensi, sehingga regulasi yang dibuat betul-betul pas yang kemudian dapat ditetapkan sebagai perda, utamanya, raperda PT Sumekar. Pihaknya akan mencari referensi pada BUMD yang lebih maju di luar Sumenep maupun turun langsung untuk melihat layanan kepada pelanggan di lapangan.

“Kami akan terus senantiasa menjalankan amanah yang sudah menjadi kesepakatan bersama,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Sumenep Ahmad Salim mengatakan, ada 5 Raperda yang dijadikan pembahasan saat ini yakni mengenai BUMD yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kelima raperda tersebut sudah ditangani pansus sebanyak 5 pansus. Masing-masing raperda BUMD akan dibahas 1 Pansus. Hal tersebut berdasarkan Keputusan DPRD Sumenep Nomor :188/08/KEP/435.050/2020.

Kelima Pansus tersebut yakni, Ketua Pansus I Nurus Salam yang akan membahas Raperda Perusahaan Perseroan Daerah Sumekar, Ketua Pansus II yakni Ahmad Zainurrahman yang akan membahas Raperda Perusahaan Perseroan Daerah Wira Usaha Sumekar, Ketua Pansus III yakni Ahmad Suaifi Qoyyum yang akan membahas tentang Raperda PDAM, Ketua Pansus IV Akhmad Jazuli yang akan membahas tentang Raperda Perusahaan Umum Daerah Sumekar dan Ketua Pansus V yakni Moh. Subaidi yang akan membahas mengenai Raperda Peyertaan Modal Pemkab Sumenep kepada Perusahaan Perseroan Daerah BPRS Bhakti Sumekar.

“Pansus tersebut dibentuk dalam rangka mempercepat terbentukanya 5 perda mengenai BUMD,” paparnya.

Dia Berharap, semoga percepatan pembahasan perda dapat bermanfaat bagi masyarakat serta pemerintah termasuk sebagai penyumbag PAD. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *