DPRD Pamekasan Bahas Penggantian Wakil Bupati di Akhir Januari

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TIDAK TERGESA: Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rohman memastikan proses pengisian jabatan wakil bupati Pamkeasan akan dituntaskan pada Januari 2021 ini. 

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Dengan wafatnya Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Raja’e, secara otomatis kursi wabup Pamekasan menjadi kosong. Sejauh ini sudah mulai ada wacana menggantikan posisi yang kosong itu.

Namun ada mekanisme sebelum menempatkan pengganti kursi wakil bupati itu. Mekanisme yang dimaksud, harus ada keputusan pemberhentian terhadap wabup sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Pemberhentian itu rencananya akan dituntaskan pada akhir Januari 2020 mendatang. Prosesnya dimulai dari penggelaran paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan.

“Badan Musyawarah DPRD Pamekasan sebentar lagi akan rapat, dan akan mengadendakan paripurna pemberhentian Pak Wabup (Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Raja’e), insyaallah pemberhentiannya tuntas pada bulan (Januari) ini,” papar Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rohman, Kamis (7/1/2020).

Fathor Rohman menjelaskan, pada dasarnya, orang yang sudah meninggalkan posisi jabatan strategies di pemerintahan, perlu diganti, agar setiap tugas dan tangung jawabnya tetap berjalan.

Namun penggantian itu tidak harus disegerakan. Bagi Fathor, harus ada pertimbangan khusus. Yakni, karena pemberhentian Wabup Pamekasan Raja’e  karena wafat, ada tengka atau nilai kesopanan yang perlu dihormati.

Sedangkan soal mekanisme penggantian, harus digelar sidang pemberhentian. Setelah itu digelar sidang paripurna tentang pengangkatan wabup baru hasil usulan dari partai pengusung.

“Nanti tergantung dari partai pengusung, jika sudah ada calon yang diusulkan nanti akan kami paripurnakan sesuai dengan peraturan yang ada,” ulasnya.

Kendati begitu, dia berharap, usulan calon pengganti dari Wabup Raja’e diberikan kepada orang yang bisa menjalankan amanah perjuangan yang telah diawali wabup Raja’e, utamnya berbagai rencana kegiatan yang sudah diprioritaskan dalam jangka panjang.

“Tapi penggantinya ini yang bisa membuat nyaman sebagai pendamping bupati, dan bisa membiuat tenang almarhum Wabup Raja’e,” pungkasnya. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *