oleh

DPRD Sampang GelarPandangan Umum Fraksi pada  R-APBD 2021

KABARMADURA.ID, Sampang -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi terhadap R-APBD tahun 2021 di Aula Paripurna DPRD Sampang, Senin (09/11/2020).

Dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi didampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyaksikan langsgung rapat paripurna tersebut. Sedangkan dari DPRD Sampang, rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sampang Fadol dan parawakil ketua DPRD Sampang.

Paripurna juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Sampang.

Ketua DPRD Sampang Fadol menuturkan, pada rapat paripurna ini terdapat delapan fraksi-fraksi yang menyampaikan pandangan umum (PU) untuk R-APBD tahun 2021, dan itu sudah disampaikan ke bupati pada hari-hari sebelumnya.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi sudah menelaah dan mengatahui isi PU tahun 2021 dari masing-masing fraksi tersebut.

“PU itu sudah disampaikan ke bupati, jadi bisa menelaah soal pandangan-pandangan dari masing-masing fraksi,” ungkapnya, Senin (9/11/2020).

Salah satu PU yang diusulkan oleh fraksi tersebut, diantaranya program santunam untuk anak yatim piatu, dengan anggaran sementara Rp1,5 miliar.Dan ini merupakan terobosan yang disampaikam oleh fraksi tersebut, sehingga program ini nantinya berjalan maksimal dan sesuai harapan.

“Untuk usulan santunan, sementara dianggarkan Rp1,5 miliar dan Rp 2,5 miliar, tapi disetujui atau tidak jumlahnya, menunggu pembahasan lebih lanjut,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten SampangAlan Kaisanmengatakan, usulan program pemberian santunan anak yatim tahun 2021 atas dasar prihatin. Sebab, jika hanya kemiskinan dan disabilitas, sudah diberikan bantuam melalui program-program lainnya.

Sehingga dirinya mengusulkan program tersebut, bahkan besar kemungkinan program santunan itu menjadi salah satu program unggulan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, sesuai motto Sampang Hebat dan Bermartabat.

Adapun anggaran yang diusulkan untuk program tersebut sebesar Rp1,5 miliar, sehingga besar harapan dan atas dasar perihatin program tersebut terlaksana.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Pemkab Sampang telah menyutujui program ini, dan program ini atas dasar pengalaman dan dorongan salah satu tokoh kiyai yang berpesan agar perhatikan anak yatim. Kami dari awal memang terus mendorong agar para anak yatim piatu itu mendapat perhatian khusus,” tuturnya.

Selain itu, terlaksananya program tersebut guna untuk memberikan tambahan jaminan sosial bagi kelompok warga yang masuk kategori penyandang risiko sosial tinggi. Sehingga dengan disetujuinya R-APBD 2021 yang berisi tentang bantuan sosial kepada anak yatim, diharapkan dapat terealisasi dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Adapun dana Rp1,5 miliar ini estimasinya diusulkan kepada 500 anak yatim, namun irinya meyakini bahwa anak yatim lebih dari jumlah tersebut.

“Ini program baru yang anggaran dari pemerintah, maka dinas terkait nanti juga perlu mempersiapkan konsep dan teknis realisasinya,” imbuhnya. (mal/waw)

Komentar

News Feed