DPRD Sampang Tekankan Realisasi Program Jatim Puspa Tepat Sasaran

  • Bagikan
(FOTO: KM/JAMALUDIN) BANTUAN: Program bantuan jatim puspa untuk masyarakat yang memiliki usaha, dan terdampak Cobid-19.

KABARMADURA.ID, SAMPANG– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang menekan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), untuk melakukan pengawasan terhadap realisasi program Jawa Timur Pemberdayaan Pusat Perempuan (Jatim Puspa). Wakil dewan yang duduk di parlemen itu juga meminta agar realisasi bantuan tersebut tepat sasaran.

“Ini bantuan dampak Covid-19, dengan tujuan memulihkan ekonomi masyarakat desa, jadi harus diawasi agar realisasi ini tetap sasaran dan sesuai aturan ,” tutur Anggota Komisi I DPRD Sampang, Aulia Rahman, Rabu (9/12/2020).

Aulia (sapaan akrabnya),  menambahkan terkait pemotongan dengan alasan biaya pajak harus ada keterbukaan antara penerima dan pihak penyalur, agar bantuannya diterima secara utuh oleh masyarakat. Sebab, jika dalam melakukan penarikan pajak akan menimbulkan gejolak lain. Apalagi pemotongannya sampai Rp500 ribu.

“Terkait pemotongan pajak, sangat menyayangkan jika tidak ada keterbukaan dengan pihak penerima, sebab ini rawan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kasi Pemberdayaan Lembaga dan Usaha Ekonomi DPMD Sampang Jufri menuturkan, Jatim Puspa ini merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha. Adapun desa yang mendapatkan program tersebut hanya 8 desa, itu pun sudah ditentukan oleh pemerintah provinsi termasuk data penerimanya.

Ditambah, jumlah anggaran yang akan diterima, masing penerima akan mendapatkan Rp2,5 juta, dan itu diberikan berupa barang. Namun, dalam pembelian barangnya masih dikenakan pajak, dan itu akan berdampak pada nominal anggaran dari barang tersebut tidak sampai Rp2,5 juta.

“DPMD hanya sebagai fasilitas, jadi anggaran itu langsung masuk ke rekening desa. Dari 8 desa yang mendapatkan bantuan itu sudah terealisasi,” pungkasnya. (mal/mam)

Baca juga  Debat Kedua, Fattah Jasin Ungkapkan Telah Berkontribusi Sejak di Dishub Jatim
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan