DPRD Sarankan Pemkab Beli Mesin Produksi Oksigen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) USULKAN: Komisi IV DPRD Sampang mengusulkan pembelian mesin produksi oksigen untuk memenuhi kebutuhan dan menghindari kelangkaan oksigen.

KABARMADURA.ID, SAMPANG- Kebutuhan akan tabung oksigen di Sampang hingga kini masih tinggi. Salah satu rencana Pemerintah Kabupaten Sampang, akan melakukan penyediaan tabung oksigen bagi warga yang membutuhkan.

Namun, rencana tersebut dinilai tidak efektif oleh Komisi IV DPRD Sampang. Para wakil rakyat tersebut menyarankan agar Pemkab melakukan pembelian mesin produksi oksigen, agar pemenuhan oksigen bagi warga bisa berjalan cepat dan efektif.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi IV DPRD Sampang, Moh. Iqbal Fathoni, menegaskan, pemkab tidak hanya cukup menyediakan tabung gas oksigen kepada masyarakat.

“Jika gas oksigen langka akan mengalami kesulitan. Namun, pembelian mesin produksi oksigen lebih efektif.  Jika oksigennya langka dan mahal anggaran akan membengkak. Tapi jika memiliki mesin sendiri maka akan lebih baik, ” ucapnya.

Dia menjelaskan, pembelian mesin produksi oksigen portable tidak terlalu mahal. Harga disesuaikan dengan kemampuan produksi. Harga mesin diperkirakan Rp 1,5 sampai Rp 2 miliar. Namun penggunaannya bisa berkelanjutan.

Imbuh Iqbal Fatoni, jika hanya tabung yang dibeli, sementara gas oksigen masih membeli di luar Sampang, anggarannya juga tidak efektif. Bahkan anggarannya bisa membengkak lebih besar. Sehingga, usulan Komisi IV dinilai perlu menjadi pertimbangan.

“Untuk anggaran pembelian, Kabupaten Sampang sangat mampu. Dilihat dari dana refocusing yang terserap, sangat memungkinkan untuk melakukan pembelian mesin produksi oksigen, ” ucapnya.

“Kita tidak pernah tau kapan wabah ini berakhir. Meskipun kita semua berharap akan cepat selesai. Kekurangan oksigen yang pernah terjadi di Sampang cukup menjadi evaluasi. Sehingga cukup penting membeli mesin produksi oksigen, ” ucapnya sambil menguraikan jika mesin oksigen tidak hanya dipakai semasa wabah Covid 19. Namun, jika wabah covid 19 sudah selesai, masih bisa digunakan.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Agus Mulyadi menguraikan bahwa Pemkab Sampang akan menyediakan tabung oksigen untuk masyarakat. Namun, tentang saran pembelian mesin produksi oksigen pihaknya mengaku menunggu keputusan selanjutnya.

“Untuk pembelian mesin kami menunggu hasil keputusan. Sebab kami tidak bisa memutuskan sendiri. Tapi akan kami bicarakan, ” ucapnya. (man/bri)

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *