oleh

DPRD Sumenep Bahas Tiga Skala Prioritas dalam Serap Aspirasi Masyarakat

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Dalam upaya memaksimalkan penyerapan aspirasi masyarakat, terdapat tiga skala prioritas yang mulai dibahas panitia khusus (pansus) yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep. Terdapat tiga pansus yang membahas tiga skala prioritas tersebut.

Ketua DPRD Sumenep Abd Hamid Ali Munir menyampaikan, untuk melancarkan pembahasan tiga pansus tersebut, maka dipetakan terlebih dahulu yang urgen dan dibahas lebih awal.

“Semuanya penting, namun yang lebih urgen dan menyangkut kepentingan masyarakat itu, sementara akan dituntaskan tiga pansus terlebih dahulu,” kata politisi daerah pemilihan (dapil) Sumenep 4 itu.

Tiga agenda yang dibahas pansus tersebut antara lain, Laporan Keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Bupati Sumenep yang ditargetkan selesai 15 hari, karena sifatnya sudah merupakan keharusan dan ada batasan waktunya.

Selanjutnya tentang pertembakauan, misalnya yang akan memperbaiki tatanan tembakau mulai dari hulu hingga hilir. Dari hulunya semisal pembinaan, ketersedian pupuk, sarana prasarana (sarpras dan lainnya) dan juga di hilir semisal harga tembakau.

“Jadi, dari hulu dan hilir harus dibenahi. Ini tentu sesuai dengan visi dan misi bupati dan wabup saat ini, dan keinginan-keinginan masyarakat,” imbuh wakil rakyat dengan sapaan Kiai Hamid tersebut,

Menurut politisi senior PKB itu, yang menjadi bahasan dalam persoalan tembakau berkaitan dengan harga yang belum stabil. Termasuk membentuk kawasan industri hasil tembakau (KIHT), sehingga produksi rokok linting juga bisa digarap di kawasan itu.

Pembahasan yang ketiga adalah tentang perumahan daerah (perumda), yang dalam hal ini menyangkut afiliasi dengan pembentukan raperda PD Sumekar.

“Pembahasan ketiga tersebut sudah masuk pada pandangan bupati terkait ketiga raperda ini. Dan, ini agendanya sudah berjalan. Tentu saja, kegiatan ini berlangsung lancar,” paparnya.

Pembahasan tiga prioritas itu, ditargetkan maksimal hingga 5 bulan tuntas. Dia berharap, tidak ada kendala, sehingga tahapan dan prosesnya bisa berjalan lancar menemukan yang terbaik terlebih untuk masyarakat Sumenep.

Kegiatan pansus dalam pembahasan tersebut, merupakan tindak lanjut hasil sidang paripurna terkait dengan tiga pembahasan tersebut. Yakni, pada pandangan umum (PU) fraksi-fraksi DPRD Sumenep sebelumnya.

“Dengan tiga pembahasan raperda ini, secara otomatis maka dipastikan akan dibentuk tiga pansus juga. Semoga pembahasan akan segera tuntas dan bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (ara/waw)

Komentar

News Feed