DPRD Sumenep Minta Disnakertrans Evaluasi Program Pelatihan Kerja

(KM/MOH RAZIN ) DESA PEMBENAHAN: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumenep mengevaluasi penyelenggaraan program pelatihan kerja.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep meminta evaluasi pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumenep.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Sumenep Siti Hosna juga mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep lebih serius dalam menyelenggarakan berbagai program pelatihan. Terlebih yang berhubungan dengan pengentasan kemiskinan.

“Predikat miskin ekstrem sudah disandangkan ke Sumenep. Jika ada pelatihan, maka harus diseriusi, sehingga ada hasilnya,” tegasnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Sumenep Abd. Rahman Riadi menyebutkan, ada tiga pelatihan yang pelaksanaannya harus tuntas tahun ini. Padahal pada tahun sebelumnya, total jumlah pelatihan terdiri dari empat unit; di antaranya adalah unit pelatihan tata boga, menjahit, dan las listrik.

“Tahun ini diturunkan jatah pelatihan kita, tetapi setiap pelatihan itu dianggarkan sekitar Rp40 jutaan. Setiap peserta mendapatkan bantuan stimulan pengadaan alat dalam bentuk uang sebesar Rp1,5 juta,” katanya.

Dia melanjutkan, pihaknya akan segera melaksanakan pelatihan tahun ini. Sementara, peserta pelatihan sebanyak 20 orang. Pelatihan akan diselenggarakan dalam kurun waktu 10 hari di berbagai tempat.

Dikatakan, pemangkasan pelatihan kerja itu berdasarkan pengkajian dari hasil monitoring yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan jumlah anggaran untuk penanganan kasus pengangguran.

“Sebagai evaluasi tahun ini langsung mendapatkan izin usaha serta bakal dibantu fasilitas tambahan modalnya ke bank,” imbuhnya.

Reporter: Mohammad Razin

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.