DPRD Sumenep Segera Rampungkan Tatib

  • Whatsapp
AKIS JASULI: Ketua Pansus Tatib DPRD Sumenep

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pembahsana tata tertib (tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep berjalan cukup lancar. Sejauh ini, hampir semua pasal telah disepakati. Bahkan, diprediksi bakal rampung dalam pekan ini.

Ketua Pansus Tatib DPRD Sumenep Akis Jasuli memaparkan, pembahasan tatib digelar setiap hari. Kendati begitu, tetap dibahas secara serius, demi keberlangsungan aktivitas DPRD Sumenep dalam lima tahun ke depan. Dari 12 pasal yang dibahas, saat ini sudah berhasil dirampungkan 9 pasal.

“Ini menunjukkan bahwa semua pasal bakal cepat terselesaikan dalam waktu dekat ini,” ujar ketua Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera ini, Selasa (17/9/2019).

Lebih lanjut dijelaskan, semua pasal jadi pembahasan yang sangat menarik, karena ada perubahan dari periode sebelumnya. Salah satunya pada poin tentang pendistribusian anggota fraksi ke komisi.

Jika pada periode sebelumnya menggunakan perimbangan dan pemerataan, saat ini jumlah anggota komisi dibatasi maksimal sebanyak 14 anggota, sedangkan jumlah minimal sebanyak 10 anggota.

“Perubahan tersebut diharapkan menjadi perubahan yang sangat posistif,” ujarnya.

Fraksi hanya diperbolehkan menempatkan kadernya maksimal tiga orang. Hal itu dilakukan, untuk menghidari penumpukan fraksi di komisi tertentu.

Untuk jumlah komisi, masih tetap empat. Termasuk tugas dan pokok fungsinya. Komis I membidangi hukum dan pemerintahan, komisi II membidangi perekonomian dan keuangan, komisi III membidangi pembangunan dan infrastruktur dan komisi IV tentang kesejahteraan sosial dan pendidikan.

“Jika tatib sudah selesai, nantinya dewan mempunyai tanggung jawab masing-masing,” pungkasnya. (imd/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *